S1 Administrasi Rumah Sakit

--WELCOME TO HOSPITAL ADMINISTRATION ALMA ATA UNIVERSITY --- WELCOME TO HOSPITAL ADMINISTRATION ALMA ATA UNIVERSITY--

Peluang Kerja

Berdasarkan data Depkes pada tahun 2015, terdapat 2.421 rumah sakit diseluruh Indonesia yang menuntut tenaga profesional dalam pengelolaannya, sedangkan permasalahan yang ada, tenaga kerja yang expert dalam bidang administrasi perumahsakitan belum mencukupi. Pada tahum 2015, jumlah instansi  pendidikan  yang menyelenggarakan program studi administrasi rumah sakit khususnya S1 hanya 5 di seluruh Indonesia.

Melihat prospek tersebut, yaitu : kebutuhan  pelayanan kesehatan dalam bidang administrasi  rumah  sakit  di  masa  yang  akan  datang sangat dibutuhkan. Universitas Alma Ata Yogyakarta merupakan satu dari 5 institusi yang menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan pendidikan tenaga perumahsakitan.

Desain Pembelajaran

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit mendesain program pembelajaran menggunakan kurikulum terkini dengan metode pembelajaran dirancang untuk  membentuk  karakter  mahasiswa  sebagai  seorang  manajer atau leader yang inovatif, dan berakhlakul karimah, sehingga lulusannya siap ditempatkan menjadi manajer disetiap unit di rumah sakit maupun di instansi penyedia layanan kesehatan lainnya. Pendekatan Student Centre Learning (SCL) dalam  pelaksanaan  pembelajaran menuntut mahasiswa untuk belajar secara aktif baik individu maupun dalam kelompok, sedangkan dosen merupakan sahabat, fasilitator, motivator, dan orangtua bagi seluruh mahasiswa agar lebih mudah terjalin kedekatan serta komunikasi yang efektif.

Berikut ini bentuk  metode  pembelajaran pada masing-masing mata kuliah di Prodi Sarjana Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata Yogyakarta:

  1. Tatap muka/ kuliah/ kuliah pakar
  2. Diskusi/ Tutorial
  3. Persentasi
  4. Tugas terstruktur
  5. Praktikum laboratorium
  6. Clinical Exposure/Praktikum lapangan
  7. Belajar mandiri
  8. Field Site Teaching
  9. Benchmarking

Program Unggulan

Semakin berkembangnya teknologi serta pendidikan masyarakat yang semakin meningkat, menuntut rumah sakit agar mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan serta berdaya saing tinggi. Program studi Administrasi Rumah Sakit mengusung keunggulan pada “Jaminan Mutu Pelayanan Rumah Sakit”, harapannya para lulusan dibekali agar dapat menjadi sumber daya yang vital dalam lingkup rumah sakit dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Blok Elective S1 Administrasi Rumah Sakit :

  1. PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit)
  2. Disaster Management (Manajemen Bencana)
  3. Hospital Accreditation (Akreditasi Rumah Sakit)

Atmosfir lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran

Lingkungan kampus Universitas Alma Ata dikenal dengan istilah “Greenland Campus”, memiliki suasana yang kondusif sehingga sangat mendukung proses belajar mengajar yang baik.

Fasilitas Belajar :

  1. Ruang kelas representative ber-AC dan ruang teater dilengkapi dengan LCD proyektor
  2. Ruang diskusi/ruang tutorial dilengkapi dengan TV LED
  3. Perpustakaan dengan literature berupa textbook, buku populer maupun jurnal ilmiah yang lengkap
  4. Jaringan internet WIFI di dalam gedung maupun di taman/area terbuka (Greenland Hotspot Area)
  5. Tersedia Asrama Pondok Pesantren Mahasiswa Alma Ata
  6. Food Court

Pendaftaran Sewaktu-waktu Ditutup Jika Pendaftar Sudah Memenuhi Kuota

1,848 total views, 3 views today