Kurikulum

Struktur Pembelajaran

Prodi Administrasi Rumah Sakit

Merupakan pembelajaran yang lebih dominan penguasaan konsep atau teori dan ketrampilan dalam kelas, Case Discussion, Field Site Teaching dan lain-lain. Kompetensi utama Sarjana Prodi Administrasi Rumah Sakit telah disesuaikan dengan Kepmendikbud No. 045/U/2002, Standar Nasional Pendidikan Kresehatan Masyarakat  yang telah ditetapkan oleh AIPTKMI dan IAKMI pada tahun 2012.

 

“KOMPETENSI UTAMA PRODI S1 ARS”

Lulusan Sarjana Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata Mengusung 5 Kompetensi Utama Lulusan, Yaitu :

Healthcare   Organizer :

  1. Mampu menganalisis fenomena/praktek manajemen rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan dengan menggunakan pendekatan ilmiah sehingga dapat menyelesaikan masalah dalam organisasi dan pengelolaan rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan (Analysis and Assessment).
  2. Mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan dengan cara mengembangkan kebijakan ilmu dan pengetahuan manajemen rumah sakit (sistem dan kebijakan kesehatan, ilmu kesehatan masyarakat, manajemen mutu, manajemen pengetahuan, teknologi dan sistim informasi, serta inovasi) yang dimilikinya sehingga meningkatkan mutu, aksesibilitas, keadilan, keterjangkauan, efektifitas, dan efisiensi pelayanan kesehatan oleh rumah sakit (Policy development and program planning).
  3. Mampu memberikan pelayanan kesehatan  pada ranah administrasi rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan yang mengutamakan kepuasan pelanggan serta dapat membangun kemitraan dan Pemberdayaan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (Community dimensions of practice).

Healthcare manager :

  1. Mampu mengembangkan dan mempertahankan kemitraan dengan berbagai organisasi lintas dan intra sektor untuk meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, keadilan, dan efisiensi pelayanan kesehatan yang disajikan bagi masyarakat pada umumnya (Communication skill) dan pasien pada khususnya (patient center)
  2. Mampu menerapkan pengetahuan manajemen di rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan sesuai dengan standar profesi dan tuntutan budaya masyarakat serta Mampu mengidentifikasi perbedaan budaya, sosial dan perilaku dalam pelayanan (Cultural competency/local wisdom).
  3. Mampu mengelola rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan ipteks dalam bidang manajemen rumah sakit dan kemampuan mengelola pembiayaan (Financial planning and management).
  4. Kemampuan melakukan tugas-tugas manajerial dengan baik pada instansi  pelayanan kesehatan,  menerapkan   fungsi  manajemen  dalam  meningkatkan  mutu  pelayanan kesehatan,  bertanggungjawab  atas  hasil  kerja  mandiri  atau  kelompok,  mampu  mengelola sumberdaya  yang  ada  dan  mampu  mengambil  keputusan  yang  tepat  dalam mengatasi permasalahan di rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan

Healthcare Innovator :

  1. Mampu belajar dari pengalaman masa lampau dan praktik manajemen rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan kemudian mengintegrasikannya dengan ilmu pengetahuan untuk diadaptasikan dengan situasi baru sehingga menyelesaikan masalah dan atau meningkatkan kinerja organisasi rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan (Basic public health sciences).
  2. Memiliki integritas dan etika serta mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam menerapkan praktek manajemen rumah sakit/ institusi pelayanan kesehatan.

Researcher:

Mampu menerapkan konsep teoritis berbagai bidang ilmu Administrasi Rumah Sakit dalam melakukan riset bidang Kesehatan dan perumahsakitan/ Institusi pelayanan kesehatan.

Healthcare- Preneurship :

Kemampuan mengembangkan usaha secara mandiri, khususnya dalam penyelia pelayanan kesehatan.

 

“KOMPETENSI PEMINATAN PRODI S1 ARS”

Tahap akademik akan menyelesaikan minimal 146 SKS, dilaksanakan secara nomal dalam 8 semester dengan 2 peminatan yaitu Quality Assurance dan Human Resourche Management.  Selain kompetensi utama diatas, Prodi ARS UAA Memiliki dua bidang Peminatan yang akan ditempuh mahasiswa pada saat memasuki semester enam. Peminatan tersebut berdasarkan kompetensi lulusan Sarjana ARS Yakni: Quality Assurance dan Human Resources Management .  adapun  kompetensi peminatan secara lebih detil sebagai berikut:

Peminatan Quality Assurance Management terdiri dari empat blok, yakni:

  1. Blok Quality Management Of Health Services, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu mengelola Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan
  2. Blok Hospital Safety, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu mengatur Keselamatan pasien Rumah Sakit
  3. Blok Hospital Acreditation Komisi Akreditasi Rumah Sakit, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dan cakap dalam hal Akreditasi Rumah Sakit berstandar nasional (KARS)
  4. Blok Hospital Acreditation Joint Comition International, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dan cakap dalam hal Akreditasi Rumah Sakit berstandar internasional (JCI)

Peminatan Human Resources Management terdiri dari empat mata kuliah, yakni:

  1. Blok Organizational Development Management, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dalam hal Manajemen Pengembangan Organisasi
  2. Blok Human Capital’s Performance, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dalam mengelola sumber daya manusia
  3. Blok Managing Hospital Relation, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dalam mengelola organisasi dan kerja sama lintas rumah sakit.
  4. Blok Strategis Human Resources dan Talent Management, pada blok ini kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu dalam mengelola organisasi dan kerja sama lintas rumah sakit. Serta mahasiswa mampu dalam mengelola SDM & keterampilan manajemen.

 

“KOMPETENSI ELECTIVE/PILIHAN PRODI S1 ARS”

Untuk Melengkapi Kompetensi Lulusan prodi Administrasi Rumah Sakit, Prodi ARS UAA juga menyediakan Program Elective Course, dengan 3 pilihan Kompetensi yang terdiri dari pelatihan secara resmi dan bersertifikat, sehingga para lulusan Prodi Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata memiliki daya saing dan lebih siap didunia kerja. adapun elective course yang ditawarkan adalah :

Elective Course S1 Administrasi Rumah Sakit :

  1. PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit)
  2. Disaster Management (Manajemen Bencana)
  3. Hospital Accreditation (Akreditasi Rumah Sakit)

 

“KOMPETENSI KECIRIAN PRODI S1 ARS”

Prodi Administrasi Rumah Sakit juga memiliki Kompetensi Kecirian yang menjadi keunikan Prodi Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata, yaitu  :

  • Menunjukkan kemampuan dalam pengelolaan sumberdaya manusia di lingkungan Rumah Sakit.
  • Menunjukkan kemampuan dalam pengelolaan mutu rumah sakit.
  • Menunjukkan perilaku kepemimpinan yang memadai dan relevan dengan bidang keahliannya sesuai ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin
  • Menunjukkan perilaku intrapersonal dan interpersonal sesuai ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin (cinta sesama, toleran, dan tidak radikal).
  • Mampu membaca Al-Quran dengan baik dan mempraktekkan Sholat dengan benar sesuai ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin
  • Mampu berbahasa asing dengan minimal skor AAEPT (Alma Ata English Proficiency Test) dengan skor 450.
  • Mampu menggunakan teknologi informasi sesuai perkembangan untuk belajar sepanjang hayat sesuai ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin.
  • Mampu  bekerja sama lintas profesi dalam tim untuk mencapai hasil kerja yang optimal sesuai ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin.

 

Sarjana Administrasi Rumah Sakit menggunakan sistem pembelajaran blok, sehingga mahasiswa dapat lebih konsen pada 1 blok dalam 1 waktu. blok berikut telah di formulasikan dengan kurikulum yang berbasis KKNI dan disesuaikan dengan profil lulusan Sarjana Administrasi Rumah Sakit, serta dilengkapi dengan mata kuliah universitas.

S1 prodi Administrasi Rumah Sakit dibekali 3 kali blok Hospital Exposure, yang terdiri dari Hospital Exposure 1, Hospital Exposure 2, Hospital Exposure 3. blok ini merupakan kegiatan praktik lapangan yaitu praktik di rumah sakit yang dilakukan pada saat semester genap berakhir yaitu pada semester 2, 4 dan 6. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh CI Rumah Sakit dan CI Akademik. lama praktik dirumah sakit adalah 4 minggu/ 1 bulan. dalam setiap blok ini, memiliki masing-masing kompetensi yang harus di capai oleh mahasiswa.

Semester 1 :

  1. Legal Ethict
  2. Bioscience
  3. Profesional Communication and Behaviour
  4. Pancasila
  5. English 1

Semester 2 :

  1. Occupational Health and Safety
  2. Basic Management and Administration
  3. Hospital Organization
  4. Hospital  Exposure 1
  5. Studi Agama Islam 1

Semester 3 :

  1. Hospital Financial Management
  2.  Health Regulation and Policy
  3. Evidence Based Hospital Administration
  4. Hospital Services Management 1
  5. English 2

Semester 4 :

  1. Hospital Services Management 2
  2. Human Resources Management
  3. Medical Record Management
  4. Hospital Exposure 2
  5. Studi Agama Islam 2
  6. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  7. Pendidikan Kewarganegaraan

Semester 5 :

  1. Supporting Management 1
  2. Supporting Management 2
  3. E- Hospital
  4. Quality Assurance Management
  5. Elective Course: Infection Prevention and Control Management (PPI)
  6. Surveilance 1
  7.  Kewirausahaan

Semester 6 (Peminatan : Quality Assurance) :

  1. Research Methodology
  2. Quality Management of Health Services
  3. Hospital Safety
  4. Bahasa Indonesia
  5. Surveilance 2
  6. Hospital Exposure 3

Semester 6 (Peminatan : Human Resource Management) :

  1. Research Methodology
  2. Organizational Development Management
  3. Human Capital Performance
  4. Bahasa Indonesia
  5. Surveilance 2
  6. Hospital Exposure 3

Semester 7 (Peminatan : Quality Assurance) :

  1. Physical and Architect of Building Design
  2. Elective Course: Public Health Management
  3. Hospital Accreditation (KARS & SINARS)
  4. Hospital Accreditation (JCI)
  5. Community Service Program

Semester 7 (Peminatan : Human Resource Management) :

  1. Physical and Architect of Building Design
  2. Elective Course: Public Health Management
  3. Managing Hospital Relation
  4.  Strategi HR & Talent Management
  5. Community Service Program

Semester 8 (Peminatan Quality Assurance dan Human Resource Management) :

  1. Elective Course: Disaster Management
  2. Final Project

 

655 kali dilihat, belum ada yang melihat hari ini