PRESENTASI HOSPITAL EXPOSURE III MAHASISWA SEMESTER 6 di RSUP DR.SARDJITO TAHUN 2019

PRESENTASI HOSPITAL EXPOSURE III MAHASISWA SEMESTER 6 di RSUP DR.SARDJITO TAHUN 2019

Kamis, 25 Juli 2019 Mahasiswa semester 6 Program Studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata Yogyakarta menyelesaikan praktek di RSUP DR.SARDJITO  yang dikemas dalam pembelajaran pada Blok Hospital Exposure III. Blok Hospital Exposure III ini merupakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan antara pembelajaran teori dan pengalaman praktik lapangan di tatanan akademik dan klinik.

Program Hospital  Exposure III yang merupakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan Peserta Hospital  Exposure III secara aktif dalam kegiatan administrasi Rumah Sakit sehingga  dapat menyeimbangkan pengetahuan akademik yang diperoleh peserta dalam perkuliahan dengan pengetahuan dan keterampilan teknik pengelolaan Rumah Sakit dengan memakai pendekatan pemecahan masalah. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan praktek lapangan untuk memberikan pengalaman praktek secara langsung dengan melihat alur proses pelayanan medik dan penunjang serta pelayanan umum yang meliputi input, proses dan output dan Pada kegiatan ini dilakukan pengamatan alur proses sistem pelayanan kesehatan dan manajemen rumah sakit yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi berbagai pihak yaitu peserta Hospital Exposure, rumah sakit dan bagi peningkatan kualitas pengajaran Prodi Administrasi Rumah Sakit. Serta kemampuan menggunakan metode dan ketepatan dalam melakukan identifikasi masalah, kemudian bagaimana kemampuan menggunakan metode dan ketepatan dalam melakukan penentuan prioritas masalah di rumah sakit.

Blok Hospital Exposure III dengan bobot 4 SKS ini dilakukan 4 minggu di RSUP DR.SARDJITO yang dimulai dari 01 Juli 2019- 26 Juli 2019 diikuti oleh mahasisawa semester 6. Setelah mengikuti pembelajaran praktik Hospital Exposure III, mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Kemampuan menggambarkan sequential flow chart bagian/unit di RS
  2. Mampu menggunakan metode dan ketepatan dalam melakukan identifikasi masalah
  3. Mampu menggunakan metode dan ketepatan dalam melakukan penentuan  prioritas masalah
  4. Mampu menggunakan metode dan ketepatan dalam penentuan akar penyebab masalah.
  5. Kemampuan menyusun alternatif pemecahan masalah
  6. Kemampuan menganalisis faktor penghambat pemecahan masalah
  7. Kemampuan menganalisis faktor pendukung pemecahan masalah
  8. Mampu menganalisis dan menghasilkan rekomendasi  pemecahan masalah

Hari ini mahasiswa S1 ARS UAA Mempresentasikan hasil penugasan Blok Hospital Exposure III di RSUP DR.SARDJITO,  yang dihadiri oleh semua mahasiswa yang praktek dan pembimbing akademik Ibu Sumarni, SKM., MARS dan Pak Wahyu Rizky, S.Kep., Ns., MMR.

Oleh: Sumarni, SKM., MARS