BERSAMA LAWAN COVID-19

BERSAMA LAWAN COVID-19

Virus Covid-19 gabungan 3 Virus: SARS, FLU dan MERS.

Virus Corona adalah jenis virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Kendati demikian, virus ini lebih banyak ditemukan pada hewan. Diberi nama Corona oleh karena struktur tubuhnya yang tampak menyerupai mahkota.  

Selain bentuknya yang menyerupai mahkota (crown-like virus), struktur tubuh Coronavirus terdiri dari membran, glikoprotein, selubung lipid bilayer, nukleokapsid, dan genom RNA positif.

Secara umum, virus Corona atau Coronavirus terdiri dari 4 subtipe yakni alpha, beta, gamma, dan delta yang mana keempat subtipe tersebut dibagi lagi menjadi 7 (tujuh) jenis virus, yaitu:

  1. 229E
  2. NL63
  3. OC43
  4. HKU1
  5. MERS-CoV (Penyebab penyakit Middle East Respiratory Syndrome, atau MERS)
  6. SARS-CoV (Penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome, atau SARS)
  7. 2019-nCoV

Jenis Coronavirus terakhir inilah yang kini sedang menjadi kekhawatiran warga dunia. Pelaporan wabah Virus Corona 2019-nCoV—disebut juga virus Corona ‘baru’—pertama kali diterima oleh WHO pada 31 Desember 2019. Lokasinya ada di negara China, tepatnya di kota Wuhan yang merupakan bagian dari provinsi Hubei.

Covid-19 ini memang sangat Ganas, Karena Merusak Sel Tubuh.
Mengapa Kemudian Orang Dewasa/Lansia Lebih Rentan Karena Merusak Sel. Sedangkan Pada Anak2 masih Regenerasi Sel, sehingga Jauh lebih mudah Pemulihannya. Walaupun terdpat Korban Pada Anak karena faktor Daya Tahan Tubuh.
Oleh Karena Itu Sangat Penting untuk kita menjaga Daya tahan Tubuh.
Cukupi Asupan Makanan Bergizi Seimbang ( Hindari Makanan Olahan dan Jang Food), Olah Raga Ckup, Istrahat Tidur 6-8 Jam Sehari, Perbanyak Minum Air Putih, Konsumsi Buah & Sayur, Serta Penuhi Asupan Vit Baik C dan E.
Mari Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat( PHBS). Jadilah Bagian dari Mitigasi Masyarakat,  Self Awareness  ( Self Distancing & Self Quarantine– We Are A Hero).

Bersama Lawan Corona.
Kita Bisa Karena Bersatu.
Salam Zero Corona 👌🏻

Oleh: Sumarni, SKM., MARS

arniag@almaata.ac.id

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*