S1 Ilmu Keperawatan

Why School of Nursing ?

Comfortable Learning Environment

Kegiatan belajar mengajar di program pendidikan Ners Universitas Alma Ata mengedepankan suasana akademik yang menyenangkan dan memenuhi azas keterkinian. Kampus Universitas Alma Ata dikenal dengan istilah “Green land campus” karena kenyamanan lingkungan dan faktor penunjang belajar mahasiswa. Ketersediaan sarana belajar yang cukup, koneksi hotspot yang sangat memadai, dan sistem informasi yang mudah diakses merupakan komponen penting penunjang sukses mahasiswa belajar di Alma Ata.Kegiatan belajar mengajar di program pendidikan Ners Universitas Alma Ata mengedepankan suasana akademik yang menyenangkan dan memenuhi azas keterkinian. Kampus Universitas Alma Ata dikenal dengan istilah “Green land campus” karena kenyamanan lingkungan dan faktor penunjang belajar mahasiswa. Ketersediaan sarana belajar yang cukup, koneksi hotspot yang sangat memadai, dan sistem informasi yang mudah diakses merupakan komponen penting penunjang sukses mahasiswa belajar di Alma Ata.

Integrated Curriculum Based Competency

Salah satu instrumen penting dalam proses pembelajaran adalah adanya kurikulum yang mampu menjadi peta pembelajaran secara efektif dan efisien. Sejak tahun 2011, pendidikan Profesi Ners di Universitas Alma Ata telah menggunakan model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang lebih efektif dalam mencapai learning outcomes. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa kurikulum ini meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Salah satu instrumen penting dalam proses pembelajaran adalah adanya kurikulum yang mampu menjadi peta pembelajaran secara efektif dan efisien. Sejak tahun 2011, pendidikan Profesi Ners di Universitas Alma Ata telah menggunakan model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang lebih efektif dalam mencapai learning outcomes. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa kurikulum ini meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Mulai tahun 2015, telah dilaksanakan kurikulum berbasis Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT).

Valuable Foundation of Learning

Pembangunan karakter merupakan hal terpenting dari suatu pendidikan. Sebagai komponen yang sangat mendasar terutama bagi suatu profesi, pembangun karakter lulusan Ners Alma Ata didasari oleh filosofi perguruan tinggi, nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, dan etika profesi yang secara simultan menjadi acuan pembelajaran. Sehingga lulusan Ners Alma Ata diharapkan mampu menjadi perawat profesional berguna untuk kemaslahatan umat manusia.

Supportive Lecturers

Dosen di Prodi Ners Universitas Alma Ata merupakan sahabat, fasilitator, dan orangtua bagi seluruh mahasiswa. Dengan pendekatan Student-Centered Learning dalam proses pembelajaran, kebutuhan mahasiswa akan sangat bervariasi. Konsep family like supports yang dikembangkan Prodi Ners dalam memfasilitasi mahasiswa telah membangun komunikasi yang lebih baik antara dosen dan mahasiswa. Dosen di Prodi Ners Universitas Alma Ata merupakan sahabat, fasilitator, dan orangtua bagi seluruh mahasiswa. Dengan pendekatan Student-Centered Learning dalam proses pembelajaran, kebutuhan mahasiswa akan sangat bervariasi. Konsep family like supports yang dikembangkan Prodi Ners dalam memfasilitasi mahasiswa telah membangun komunikasi yang lebih baik antara dosen dan mahasiswa.

High Employability

Lebih dari 70% lulusan Ners Alma Ata dapat terserap dalam pasar tenaga kerja nasional kurang dari 6 bulan setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. Dari 70% yang terserap, lebih dari 95% memasuki area kerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah menjadi pilihan yaitu sebagai perawat di rumah sakit pemerintah atau swasta, klinik kesehatan, dosen, dan dinas kesehatan.

Philosophy and History School of Nursing

Histori dan Filosofi

Secara kelembagaan, Universitas Alma Ata berada dibawah Yayasan Alma Ata. Pendiri dari Yayasan Alma Ata adalah cendekiawan muslim dan ulama dengan cita cita mulia untuk membangun masyarakat yang professional, menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan mengedepankan kaidah ilmiah sebagai landasan amal perbuatan.
Secara filosofi ada tiga nilai utama (three core values) yang menjadi landasan setiap gerak dan kehidupan di Universitas Alma Ata atau dalam kata lain menjadi Tata Nilai di Universitas Alma Ata yaitu:

1. Nilai ALMA ATA

Nilai ini menjelaskan tentang konsep bahwa “ATA” merupakan hadir atau kehadiran, sedangkan “ALIMA” berarti dengan dasar ilmu atau keilmuan. Nilai ini berarti bahwa kehadiran Alma Ata di tengah masyarakat dimaksudkan untuk membangun profesionalisme dengan menjunjung nilai-nilai keilmuan dengan mengedepankan kaidah-kaidah ilmiah dalam setiap amal perbuatannya. Dengan bahasa sederhana dapat di artikan bahwa setiap individu yang berada di Alma Ata harus berilmu dalam membangun masyarakat.

2. WE ARE HEALTHY

Akronim dari kalimat diatas adalah W=world-wide, E=envisioned; A=adequate, R=recognition, E=enlightened; H=heart, E=earning, A=and, L=learning, T=today, W=whole, Y=year. Nilai ini merupakan cerminan deklarasi kesehatan dunia tahun 1978 (healthy for all). Dalam kontek Alma Ata Yogyakarta, nilai ini berarti “Everyone should be worldwide-envisioned to achieve adequate recognition by using enlightened heart in the earning and learning process today and for whole year atau Alma Ata harus menciptakan atmosfir yang kondusif bagi terciptanya visi kesejagadan setiap civitas akademika agar mendapat pengakuan duni dengan mengedepankan hati yang jernih disetiap gerak langkah untuk hari ini dan selamanya.

3. LIFE
Ini berarti “Li ‘llai kalimatillah Fiel ‘Emaali” (LIFE). Nilai ini mengandung filosofi bahwa setiap insan Alma Ata harus mengagungkan nama Alloh SWT dalam setiap amal perbuatannya. Akronim LIFE adalah L=lovely, I=intentionally, F=friendly, dan E=efficiently.

Legal Aspek

Program Studi Ilmu Keperawatan diselenggarakan sejak bulan Juni 2006 berdasarkan SK MENDIKNAS No. 108/D/O/2006 dengan perpanjangan ijin operasional pada tahun 2012 dengan SK No. 12475/D/T/K-V/2012. Sedang Penyelengaraan Ners dasar hukum yang digunakan adalah SK Ijin Penyelenggaraan Profesi Ners dengan No SK 120/E/O/2012.

Pendaftaran Sewaktu-waktu Ditutup Jika Pendaftar Sudah Memenuhi Kuota

3,240 total views, 2 views today