S1 Farmasi

Selamat Datang di Program Studi Farmasi  Universitas Alma Ata

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 194/KPT/I/2015 bersamaan dengan perubahan bentuk STIKES Alma Ata menjadi Universitas Alma Ata.

Kehadiran Program Studi Sarjana Farmasi Alma Ata diharapkan dapat memberikan kontribusi menjawab tantangan era global dengan persaingan di dunia kerja yang sangat tinggi. Masyarakat Indonesia tidak hanya dituntut untuk dapat bersaing menghadapi SDM dari dalam negeri tetapi juga SDM yang berasal dari berbagai penjuru dunia pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

VISI PROGRAM STUDI FARMASI UAA

Pada tahun 2040 prodi sarjana farmasi UAA Menjadi prodi yang unggul di bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam, mandiri, mampu bersaing di tingkat ASEAN, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan dunia yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia

Menurut data dari pusat perencanaan dan pendayagunaan tenaga kesehatan per Januari 2014, Indonesia mengalami kekurangan tenaga kefarmasian di lingkup kerja puskesmas dan rumah sakit sebanyak 8791 personil. Hal ini menggambarkan bahwa tenaga farmasi memiliki peluang kerja yang sangat besar dan luas

Lulusan Program Studi Sarjana Farmasi diharapkan mampu berkarir dan berperan di masyarakat sebagai:
  1. Farmasis Komunitas (Apotek, Puskesmas)
  2. Farmasis Rumah Sakit
  3. Instansi Pemerintah (Badan POM, Dinas Kesehatan, Gudang Farmasi, Hankam)
  4. Industri Obat
  5. Industri Obat Tradisional (IOT), Industri Kecil Obat Tradisional (IKOT), Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT)
  6. Pedagang Besar Farmasi (PBF)

KEUNGGULAN PRODI FARMASI UAA

UNGGUL DI BIDANG FARMASI KOMUNITAS DAN BAHAN ALAM

Unggul di bidang farmasi klinis komunitas dan bahan alam, maka hal ini tercermin dalam kompetensi lulusan penciri Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata yang mana lulusan Sarjana Farmasi ahli di bidang farmasi klinik dan komunitas serta ahli di bidang farmasi bahan alam. Mata kuliah yang mendukung peminatan farmasi klinik dan komunitas adalah : Farmasi Klinik, Asuhan kefarmasian, KIE, Survailens 1 dan 2, Praktek Kesehatan Masyarakat, Swamedikasi, Farmakoterapi, Farmakologi, Farmakoepidemiologi, Farmakokinetika, Farmasetika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Preskripsi, Ilmu resep, Interaksi Obat.

Mata kuliah yang mendukung peminatan bahan alam adalah : Botani Farmasi, Obat Herbal, Farmakognosi, Fitokima, Fitoterapi, Swamedikasi, Analisis Farmasi, Bioteknologi, Mikrobiologi.

ENGLISH SPEAKING ACTIVE

farmasi UAA beruapaya untuk menghasilkan  lulusan yang mandiri dan berdaya saing global, maka lulusan Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata harus mampu berbahasa asing dengan minimal skor AAEPT (Universitas Alma Ata English Proficiency Test) 450. Ha ini didukung dengan mata kuliah Bahasa Inggris dengan pelatihan TOEFL. Selain itu dihadirkan native speaker yang berasal dari amerika untuk mengajarkan di matakuliah bahasa inggris.

INTERPROFESSIONAL EDUCATION

Sistem pembelajaran di prodi farmasi sudah berfokus pada IPE (interprofesional education) di mana mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di kampus maupun di lahan praktek bersama-sama dengan prodi lain di UAA dan di Fikes UAA pada khususnya

Rahmatan Lil'alamin

Berdasarkan nilai-nilai keIslaman, maka tercermin dalam kompetensi lulusan yang menunjukkan perilaku intrapersonal dan interpersonal sesuai ajaran Islam yang Rohmatan lil’alamin (cinta sesama, toleran, dan tidak radikal). Matakuliah Yang mendukung adalah Studi Agama Islam I dan II serta pengitegrasian nilai-nilai keislaman di setiap mata kuliah.

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran Program Studi Sarjana Farmasi

Dosen & Instruktur

Dosen dan Instruktur Program Studi Sarjana Farmasi

-DIBUKA-

-PENERIMAAN MAHASISWA BARU ALIH JENJANG 2019/2020-

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya Pendidikan Prodi Farmasi

PENDAFTARAN ONLINE

Pendaftaran PMB UAA 2019

BERITA FARMASI

ARTIKEL FARMASI

Open chat
Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by