S1 Farmasi

bg-farmasi

 

Masalah kefarmasian di Indonesia dan dunia masih sangat kompleks, praktek pelayanan kefarmasian yang tidak lagi berorientasi kepada produk (product oriented) tetapi berorientasi kepada pasien (patient oriented), menuntut farmasis lebih mampu menjalankan peran profesinya. Dalam hal pengembangan obat berbasis herbal, Indonesia  masih terhitung sangat rendah jika dibandingkan dengan kekayaan alam yang tersedia di darat maupun di laut Indonesia yang sangat potensial sebagai bahan obat. Disisi lain sistem distribusi dan perilaku masyarakat dalam penggunaan obat masih belum  tepat dan kurang rasional

MENGAPA MEMILIH FARMASI ?

Menurut data dari pusat perencanaan dan pendayagunaan tenaga kesehatan per Januari 2014, Indonesia mengalami kekurangan tenaga kefarmasian di lingkup kerja puskesmas dan rumah sakit sebanyak 8791 personil. Hal ini menggambarkan bahwa tenaga farmasi memiliki peluang kerja yang sangat besar dan luas.

Lulusan Program Studi Sarjana Farmasi diharapkan mampu berkarir  dan berperan di masyarakat sebagai:

  1. Farmasis Komunitas (Apotek, Puskesmas)
  2. Farmasis Rumah Sakit
  3. Instansi Pemerintah (Badan POM, Dinas Kesehatan, Gudang Farmasi, Hankam)
  4. Industri Obat
  5. Industri Obat Tradisional (IOT), Industri Kecil Obat Tradisional (IKOT), Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT)
  6. Pedagang Besar Farmasi (PBF)

MENGAPA PRODI SARJANA FARMASI UNIVERSITAS ALMA ATA?

Era globalisasi dan pasar bebas menjadi peluang sekaligus tantangan bagi lulusan sarjana farmasi, karena di era ini persaingan di dunia kerja sangat tinggi. Masyarakat Indonesia tidak hanya dituntut untuk dapat bersaing menghadapi SDM dari dalam negeri tetapi juga SDM yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Era global dan kehadiran MEA membuka peluang bagi para calon tenaga kerja farmasi untuk mengisi peluang kerja yang semakin luas.

Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 194/KPT/I/2015 bersamaan dengan perubahan bentuk STIKES Alma Ata menjadi Universitas Alma Ata.  Kehadiran Program Studi Sarjana Farmasi Alma Ata diharapkan dapat memberikan kontribusi menjawab tantangan era global dengan persaingan di dunia kerja yang sangat tinggi. Masyarakat Indonesia tidak hanya dituntut untuk dapat bersaing menghadapi SDM dari dalam negeri tetapi juga SDM yang berasal dari berbagai penjuru dunia pada era MEA saat ini.

Selain itu Universitas Alma Ata merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berkomitmen pada kesempurnaan risalah Islam dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga lulusan Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata dirancang untuk menghasilkan tenaga farmasis yang mempunyai spirit, profesional, dan berakhlak mulia yang unggul di bidang farmasi klinis, komunitas, dan bahan alam. Pembentukan karakter farmasis yang di landasi dengan interpersonal education saat menempuh studi, menjadikan para farmasis lulusan Alma Ata dapat lebih mampu bekerjasama dengan tenaga profesional medis lainnya dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien secara holistik dan komprehensif.

Adanya pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai islam ini diharapkan mampu menciptakan sarjana yang tidak hanya cerdas secara kognitif melainkan juga cerdas secara akhlak. Disamping itu untuk mengasah kemampuan soft skill mahasiswa prodi Sarjana Farmasi memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berorganisasi dan mengembangkan keterampilan serta minat melalui himpunan mahasiswa baik dilingkup universitas maupun antar universitas (HIMAFARSI) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Alma Ata. Dengan mengutamakan aspek kognitif saintifik dan kecerdasan akhlak diharapkan lulusan prodi Sarjana farmasi lebih dapat bersaing dan memenuhi era globalisasi dibidang kesehatan.

Dengan fasilitas Dosen akademisi dan praktisi yang telah memiliki pendidikan S2, Kampus yang nyaman, dan Fasilitas laboratorium yang memadai, serta jaringan kerjasama yang luas, baik dengan Rumah Sakit pemerintah maupun swasta, Program Studi Sarjana farmasi Universitas alma Ata, telah siap menerima mahasiswa baru tahun akademik 2016 / 2017.

Pendaftaran Sewaktu-waktu Ditutup Jika Pendaftar Sudah Memenuhi Kuota

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran Program Studi Sarjana Farmasi

Struktur Prodi

Struktur Organisasi Program Studi Sarjana Farmasi

Dosen dan Instruktur

Dosen dan Instruktur Program Studi Sarjana Farmasi

Sarana Prasarana

Fasilitas Pendukung Perkuliahan

978 total views, 3 views today