D3 Kebidanan

Interprofessional Education

Interprofesional Education (IPE) adalah sistem pembelajaran kolaborasi yang melibatkan program studi lain seperti gizi, farmasi dan keperawatan yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kampus dan lahan praktik. Tujuan utama Interprofesional Education (IPE) adalah untuk meningkatkan upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan jenis pelayanan kesehatan lain. Sistem ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan antarpersonal mahasiswa berupa pengalaman, saling menghormati, pengertian, saling bekerjasama dan berkontribusi antarprofesi, sehingga dapat bermanfaat pada saat bekerja nanti, dimana mereka akan berinteraksi dengan banyak profesi lain.

Community Midwifery

Mahasiswa D III Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta dididik untuk menjadi lulusan bidan yang handal dalam pemberdayaan masyarakat melalui surveillance system – yaitu pemantauan intesif kesehatan ibu dan anak sejak wanita usia subur terdaftar sebagai calon pengantin hingga anak yang dilahirkan berusia dua tahun- dan kerjasama dengan profesi lain di dalam suatu komunitas atau masyarakat. Bidan Alma Ata dididik untuk menjadi bidan yang dekat dengan masyarakat dan mampu memberikan pelayanan berkualitas dengan memperhatikan  nilai, budaya, dan norma  yang berlaku di masyarakat.

Rahmatan Lil Alamin

Alma ata mendidik mahasiswa agar memiliki karakter Rahmatan Lil ‘Alamin, yaitu karakter yang menjunjung tinggi nilai kepedulian dan kasih sayang (Rahmat) kepada seluruh makhluk alam semesta (‘Alamiin). Di dalam menjalankan profesinya sebagai bidan, lulusan alma ata dididik agar mampu memberikan pelayanan yang tidak hanya berorientasi pada materi tetapi juga mengedepankan nilai kemanusiaan dan kemanfa’atan, pelayanan yang diberikan selalu didasari dengan rasa kasih sayang, memperhatikan kenyamanan pasien, tidak membeda-bedakan status social, bangsa maupun agama, serta selalu berusaha menebarkan manfa’at untuk masyarakat luas. Melalui kurikulum yang yang mengintegrasikan setiap mata kuliah dengan ajaran islam, materi kuliah wajib Ahlussunah wal jama’ah (Aswaja), dan pengajian rutin KIRA (kajian Rahmatan Lil Alamin) mahasiswa DIII Kebidanan Alma Ata dididik agar lulus dengan berkarakter Rahmatan lil ‘Alamin.

English Speaking Active

Program English Speaking Active memfokuskan pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris melalui kegiatan yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga mahasiswa tidak jenuh dengan rutinitas belajar. Program English Speaking Active dikemas dalam berbagai kegiatan diantaranya English Club dan English Day. Dalam kegiatan English club mahasiswa bebas berinspirasi dengan bahasa Inggris dalam aktifitas penampilan drama, baca puisi, atau hanya sekedar listening the music yang dinyanyikan oleh grup musik yang sedang hit. Sedangakan dalam program English day, semua mahasiswa dan dosen wajib berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Misalnya dalam kegiatan perkuliahan bagi dosen atau instruktur memberikan satu kali kegiatan perkuliahan dengan slide dan komunikasi dengan Bahasa Inggris. Mahasiswapun dituntut untuk berdiskusi atau presentasi dengan bahasa Inggris minimal baik saat perkuliahan di dalam kelas atau ketika di lahan praktik. Dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan mampu mengasah kemampuan berbahasa Inggris yang dapat digunakan bekal ketika memasuki dunia kerja

Pendaftaran Sewaktu-waktu Ditutup Jika Pendaftar Sudah Memenuhi Kuota

815 total views, 2 views today