New Normal is New Challenge

New Normal is New Challenge

Definisi New Normal menurut Pemerintah Indonesia adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan COVID-19. Beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan New Normal sejak awal Juni 2020, Tetapi belum semua daerah di Indonesia bisa menerapkannya.

Saat suatu daerah menerapan New Normal, Maka setiap masyarakatnya mestinya harus merasa tertantang di masa New Normal tersebut, jangan merasa atau malah menganggap biasa-biasa saja atau seperti normal – normal saja seperti belum adanya wabah Covid 19. Jangan sampai masyarakat menganggap New Normal adalah kembali ke kehidupan normal seperti sebelum ada Covid 19, karena hal tersebut berpotensi memunculkan kluster baru covid 19 dan memperlama masa pandemi ini. Apalagi jika melihat perkembangan penambahan kasus baru Covid 19 di Indonesia saat ini yang masih terus berada di angka lebih dari 1000 setiap harinya, selama beberapa minggu ini, bahkan beberapa hari lalu sudah mencapai angka di atas 2000 kasus baru perhari, Maka tidak berlebihan jika mengatakan New Normal is New Challenge.  Siapapun kita dan dimanapun kita harusnya merasa tertantang untuk mau tidak mau saat ini harus beradaptasi dengan covid 19 dan benar – benar menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi ini.

Saat ini pemerintah Indonesia sudah banyak sekali mengeluarkan kebijakan terkait Penanganan dan Penanggulangan Kasus COVID-19, begitu pula dengan kebijakan New Normal, termasuk pemerintah kota Yogyakarta seperti: Peraturan Walikota No. 51 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease-19 Pada Masa Tatanan Normal Baru Di Kota Yogyakarta, Dan Peraturan Walikota No. 54 Tahun 2020 tentang Pedoman Tata Kerja Pegawai Dalam Tatanan Normal Baru Di Pemerintah Kota Yogyakarta. Maknanya, pemerintah pun tertantang, dan munculnya kebijakan – kebijakan tersebut sebagai bentuk jawaban dari tantangan New Normal.

Saya rasa juga sudah tepat pemerintah merumuskan banyak kebijakan terkait Covid 19, tinggal bagaimana komitmen bersama dalam menjalankan kebijakan – kebijakan tersebut. Menurut saya perlu adanya sosialisasi dengan berbagai media yang lebih gencar oleh pemangku kebijakan terkait penerapan kebijakan Penanganan dan Penanggulangan Kasus COVID-19, serta bagaimana menjalani hidup versi New Normal ini yang sampai menyasar ke tingkat keluarga. Karena seyogyanya, keluarga lah gugus tugas pencegahan covid 19 yang utama di masyarakat. Semoga dengan adanya komitmen bersama, Indonesia dan Yogyakarta pada khususnya dapat benar – benar menjalani kehidupan dengan ke new normalan ini.

 

Oleh: Imram Radne Rimba Putri., S.Kep., Ns., MMR

Dosen Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Universitas Alma Ata

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*