Mahasiswa Berprestasi Melalui MBKM Penelitian Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata

Mahasiswa Berprestasi Melalui MBKM Penelitian Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata

 

Oleh : Fatma Siti Fatima,S.Kep.,Ns.,MMR

S1 Administrasi Rumah Sakit Alma Ata – Penelitian adalah salah satu bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di luar program studi. Penelitian memberikan kesempatan kepada mahasiswa meningkatkan kapasitas, peran dan partisipasi dalam kegiatan meneliti dengan bekerjasama dengan Litbang.

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata, telah melaksanakan program MBKM Penelitian bekerjasama dengan Rumah Sakit Paru Respira Yogyakarta, mahasiswa yang mengikuti program MBKM Penelitian atas nama Eva Silvia Ningsih, dengan dosen pembimbing Fatma Siti Fatimah,S.Kep.,Ns.,MMR, dan Bapak R. Jaka Sarwadhamana,S.Kep.,Ns.,MPH, melibatkan SDM dari RS yaitu Ibu Eni Sulistyaningsih, A.Md.,S.Kep. Dalam penelitian ini, Eva Silvia Ningsih mengungkapkan ucapan terimakasih kepada dosen S1 ARS Universitas Alma Ata, yang telah memberikan kesempatan mengikuti program MBKM Penelitian dan sehingga mendapatkan kesempatan pengalaman penelitian di luar program studi.

Penlitian telah dilaksankan untuk tahap pertama yaitu melakukan uji validitas dan reliabilitas Instrumen Kuesioner penelitian. Serta hasil tahao pertama telah di presentasikan dalam Seminar dan Simposium pada 11 Desember 2021, pada kesempatan tersebut mahasiswa telah mendapatkan prestasi sebagai Best Oral Presenter ke 3, serta dengan luaran hasil penelitian dipublikasi dalam jurnal nasional di Indonesian Journal of Hospital Administration.

 

Ditulis oleh: Fatma Siti Fatimah,S.Kep.,Ns.,MMR,

md5 decrypt - md5