PRODI S1 ARS : “STANDAR PELAYANAN REKAM MEDIS DALAM PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT“

PRODI S1 ARS : “STANDAR PELAYANAN REKAM MEDIS DALAM PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT“

PRODI S1 ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ALMA ATA MELENGGARAKAN KULIAH PAKAR DENGAN TEMA

“ STANDAR PELAYANAN REKAM MEDIS DALAM PERSIAPAN AKREDITASI RUMAH SAKIT “

Prodi ARS Alma Ata – Pada Sabtu, 21 Mei 2022, Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Pakar Tahun 2022 secara daring melalui Aplikasi Zoom. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 130 peserta yang terdiri dari Dosen, Praktisi dan Mahasiswa yang dominasi dari prodi S1 Administrasi Rumah Sakit UAA dan sebagian dari mahasiswa luar UAA.

Kuliah Pakar dengan tema “Standar Pelayanan Rekam Medis Dalam Persiapan Akreditasi Rumah Sakit ” Dihadiri oleh Ketua Prodi Administrasi Rumah sakit bapak Muhammad Zia Ulhaq, SKM., M.K.M. yang memberikan sambutan serta membuka acara, lalu narasumber oleh bapak Sugeng, S.KM., MM. Selaku KA instalasi Rekam Medis  RSUP dr. Sardjito dan  Ibu Fatma Siti Fatimah, S. Kep., Ns., MMR selaku moderator.

Ketua pelaksana panitia dari kuliah pakar ini yakni Dharma Adibrata mahasiswa prodi Administrasi Rumah Sakit UAA dan panitia lainnya yang terdiri dari seluruh mahasiswa prodi Administrasi Rumah Sakit semester 4 yang menenpuh mata kuliah Medical record Management.

Narasumber Bapak Sugeng, S.KM., MM. selaku KA instalasi Rekam Medis RSUP dr. Sardjito mengatakan “Akreditasi itu akan melihat, apakah pelayanan yang ada di faskes tersebut, termasuk puskesmas, rumah sakit sudah sesuai dengan persyaratan standar yang telah ditetapkan oleh badan akreditasi.”

“Rekam Medis dikatakan lengkap atau tidak lengkap maka harus dilakukan analisis secara Concurrent maupun Retrospective, misalnya diawal pada saat pasien dirawat kualitas data dan informasinya isi dalam rekam medis harus sangat terjaga serta harus diisi dengan lengkap”. ujar KA instalasi Rekam Medis  RSUP dr. Sardjito. Diharapkan dengan diselenggarakannya kuliah pakar ini para peserta khususnya mahasiswa S1 ARS UAA mengerti dan mengetahui standar-standar pelayanan rekam medis dalam persiapan akreditasi rumah sakit.

Open chat
md5 decrypt - md5