PSIK – Uji Kompetensi & Sertifikasi Lulusan

Prodi Ners Alma Ata Menyiapkan Mahasiswa Untuk Lulus Uji Kompetensi

Era globalisasi akan berdampak terhadap luasnya kesempatan kerja dan tingginya tingkat persaingan. Kedua hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh perawat Indonesia. Oleh karenanya Uji Kompetensi Ners merupakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan daya saing & keunggulan kompetetitif yang memenuhi standard kebutuhan global.

Sebagai upaya konkrit yang dilakukan Prodi Ners dalam menyiapkan lulusannya lulus uji kompetensi, maka persiapan menghadapi uji kompetensi nasional telah dilakukan secara intensif oleh Prodi Ners Alma Ata, walaupun faktor individu merupakan komponen yang juga sangat penting untuk keberhasilan.

Item Development dan Item Review Oleh Prodi Ners Alma Ata

Pengembangan dan evaluasi soal dilakukan oleh prodi Ners Alma Ata untuk menyiapkan soal yang berkualitas. Soal yang telah ada terutama untuk menyiapkan mahasiswa beradaptasi dengan soal uji kompetensi nasional. Item development juga menyiapkan soal-soal untuk ujian blok mahasiswa.

Capaian Hasil Uji Kompetensi Lulusan Ners Alma Ata

Prodi Ners telah mengirimkan dua angkatan mengikuti Uji Kompetensi Nasional. Hasil uji kompetensi kedua angkatan kelulusan mahasiswa sebanyak 83%. Selanjutnya mahasiswa difasilitasi untuk pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) oleh bagian kemahasiswaan dan alumni prodi.

STR merupakan kredensial yang harus dimiliki oleh professional Ners sebagai aspek legalitas melakukan praktek professional dimanapun di wilayah Republik Indonesia. Tanpa adanya STR lulusan akan mendapatkan hambatan yang sangat signifikan dalam menjalankan praktek professional dan tentunya dalam mewujudkan cita-cita.

289 total views, 1 views today