Kemitraan & Kerjasama

Prodi Ners Alma Ata saat ini telah merintis dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kemitraan dan kerjasama ini diharapkan menunjang pengembangan Prodi Ners Alma Ata ke depan, meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan lulusan Ners Alma Ata yang mampu bersaing ditantangan global. Beberapa instansi dan mitra kerjasama yang sudah terjalin dengan baik yaitu :

Kerjasama Dalam Negeri

  1. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI)Pengembangan kurikulum pendidikan Ners di Universitas Alma Ata mendapat pendampingan langsung dari Prof. Elly Nur Rachmah, MSc.,DN.Sc dan Bp. Muhammad Hadi, MSc pada tahun 2010 dan hingga saat ini Prodi Ners sudah melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) sejak tahun 2011. Bentuk kerjasama yang lain dengan AIPNI yaitu kegiatan workshop item development dan item review, serta kegiatan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan preseptorship yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan keterampilan preseptor dalam memberikan bimbingan klinik kepada mahasiswa profesi secara paripurna demi tercapainya standar kompetensi yang telah ditentukan.
  2. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
    Program Studi Ners secara aktif ikut serta dalam berbagai kegiatan dan koordinasi yang diselenggarakan oleh PPNI baik regional maupun nasional. Keaktifan koordinasi dan keaktifan menjadi anggota organisasi PPNI ini diharapkan dapat mengembangkan Prodi Ners dalam berbagai kegiatan internal dan eksternal PPNI, sharing dan update ilmu pengetahuan dan sebagai bentuk aktualisasi staf dosen Prodi Ners.
  3. Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
    Prodi Ners Universitas Alma Ata menjalin kerjasama dengan berbagai RS pemerintah dan swasta di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pencapaian kompetensi dan praktik lapangan di tatanan klinik.
  4. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul
    Universitas Alma Ata Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan akan menyelenggarakan Sistem Surveilan Gizi-Kesehatan Ibu dan Anak. Sistem ini merupakan landasan untuk mendukung Gerakan Perbaikan Seribu Hari Pertama Kehidupan di wilayah Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Dalam melaksanakan sistem surveilan ini mahasiswa dari beberapa program studi seperti Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan dan Kebidanan akan diterjunkan ke lapangan sesuai dengan kompetensinya.
  5. Puskesmas di Wilayah kabupaten BantulKegiatan praktik mahasiswa Prodi Ners baik praktik lapangan (Clinical Exposure/ CE) dan praktik profesi, serta penelitian dosen dan mahasiswa diarahkan untuk dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Bantul tepatnya di desa Sedayu 1 dan Sedayu 2 sebagai wujud pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
  6. Pusat Siaga Bantuan Kesehatan 118 Perhimpunan RumahSakit Seluruh Indonesia Cabang DIY (PUSBANKES 118)
    Prodi Ners menjalin kerjasama dengan PUSBANKES 118 untuk mengadakan pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) atau Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) untuk mahasiswa Profesi Ners secara terus-menerus setiap tahunnya. Tujuan kerjasama ini diharapkan mahasiswa Profesi Ners memiliki kemampuan kognitif dan psikomotorik dalam menanggulangi kegawat daruratan baik di area pre hospital maupun intra hospital.
  7. PMI Golden.PMI DI Yogyakarta kini mempunyai Poliklinik Hemodialisa Golden khusus untuk cuci darah bagi pasien yang mengalami gangguan ginjal. Program studi ners Alma Ata bekerja sama dengan PMI Golden tersebut sebagai tempat praktik clinical exposure mahasiswa di unit hemodialisa.

 

Kerjasama Luar Negeri

  1. University Of Tasmania, Australia
    Prof. Dr. H.. Hamam Hadi,MS.,Sc.D bersama Prof. Peter Frappell dari University Of Tasmania, Australia
  2. BCNNV, Kasessart University, Thailand

    Prodi Ners STIKES Alma Ata dan Kasessart University telah menyepakati kerjasama dengan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen antar kedua institusi, penelitian dan publikasi ilmiah bersama para dosen dari kedua institusi, dan pelatihan-pelatihan tentang isu-isu keperawatan utama yang berkembang di Asia-Passifik sejak tanggal 27 November 2014. Kerjasama tersebut akan direalisasikan dengan pengiriman beberapa mahasiswa Alma Ata ke Boromarajonani pada bulan Januari-Februari 2015 dan disusul pengiriman mahasiswa Boromarajonani ke STIKES Alma Ata Yogyakarta pada bulan Juni-Agustus 2015.

  3. National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan
    Program Studi Ners Alma Ata juga bekerja sama dengan Nursing College, National Cheng Kung University, Taiwan
  4. St. paul University Filipina


    Prof. Dr. H.. Hamam Hadi,MS.,Sc.D Saat menjadi pembicara dalam seminar internasional dan penandatanganan MoU yang diselenggarakan bersama dengan St. Paul University Filipina. Dalam acara ini juga dihadiri oleh berbagai Institusi kesehatan dari seluruh Indonesia dan beberapa institusi dari negara-negara ASEAN.

348 total views, 1 views today