WEBINAR KEBIDANAN DENGAN TEMA “MERAIH KARIR IDAMAN DALAM BIDANG KEBIDANAN”

WEBINAR KEBIDANAN DENGAN TEMA “MERAIH KARIR IDAMAN DALAM BIDANG KEBIDANAN”

Prodi Kebidanan Alma Ata – Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi bidan Universitas Alma Ata bersama dengan Program Studi D3 kebidanan Universitas Alma Ata berkolaborasi dalam mengadakan Webinar Kebidanan. Tema yang diangkat kali ini adalah “Meraih Karir Idaman di Bidang Kebidanan”. Hal ini merupakan bagian dari komitmen prodi kebidanan dalam memberikan pengetahuan bagi mahasiswa kebidanan, tidak hanya di bidang kesehatan secara klinis tetapi juga pengetahuan bidang lainnya yang masih berhubungan dengan kesehtan. Kali ini prodi kebidanan ingin memberikan bekal entrepreneurship kepada mahasiswa kebidanan dan juga calon mahasiswa kebidanan.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa kebidanan Universitas Alma Ata, tetapi juga mahasiswa calon mahasiswa kebidanan dan juga mahasiswa kebidanan dari institusi lain. Kegitan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 18-19 Agustus 2021. Terdapat empat orang pembicara yang dihadirkan dalam webinar ini. Pada hari pertama terdapat dua orang pembicara yang memberikan materi terkait dengan jenjang pendidikan dan karir bidan serta bagaimana proses untuk  membuka sebuah praktik mandiri bidan, yaitu Ibu Supiyati. M.Kes dan Ibu Indah Wijayanti, S.S.T., M.Keb. Dua pembicara ini merupakan dosen Kebidanan Universitas Alma Ata, yang mana salah satu diantaranya juga merupakan Alumni dari Program Studi D3 Kebidanan Univeristas Alma Ata. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran, semangat, dan motivasi bagi mahasiswa kebidanan, calon mahasiswa kebidanan ataupun pelajar yang tertarik dengan dunia kebidanan tentang peluang dan jenjang karir bidan.

Pada hari ke-dua, dihadirkan dua pembicara yang merupakan Sociopreneur dan juga awardee beasiswa LPDP dalam dan luar negeri. Dua pembicara ini membahas tentang peluang beasiswa bagai mahasiswa kebidanan yang ingin melanjutkan studi di dalam maupun di luar negeri, serta bagaimana menjadi seorang akademisi dan sociopreneur di bidang kebidanan. Karunia Wijayanti, S.Keb., Bd. yang merupakan awardee LPDP dalam negeri, dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu pendidikan Kesehatan di Universitas Gajah Mada, membagikan pengalaman nya dalam mendapatkan beasiswa LPDP dalam negeri serta apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang akademisi. Sementara itu, Aldilia Wyasti Pratama, S.Keb., Bd. yang merupakan awardee LPDP luar negeri yang akan menempuh pendidikan S2 di University College London, membagikan pengalaman nya menjadi seorang Sociopreneur dan kisahnya dalam mendapatkan beasiswa LPDP luar negeri. Aldilia yang juga merupakan founder dan pemilik dari famelia.id, juga berbagi banyak pengalaman tentang bagaimana membangun usaha di bidang kesehatan, selain dari membuka praktik mandiri bidan atau pekerjaan-pekerjaan yang bisanya sudah lazim dilakukan oleh seorang bidan.

Webinar ini diharapkan dapat meberikan motivasi kepada mahasiswa dan calon mahasiswa kebidanan tentang menggapai pendidikan dan karir impian mereka dibidang kesehatan khususnya kebidanan.