Kurikulum

Keunggulan lulusan D III Kebidanan Universitas Alma Ata yakni mendapatkan pembelajaran tentang asuhan kebidanan pada remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi baru lahir, serta anak pra sekolah yang Mampu menunjukkan perilaku interpersonal dan intrapersonal yang berbasis pada nilai nilai ajaran Islam Rahmatal lil Alamin. Sehingga dapat bekerja sekaligus beribadah dan berdakwah.

Untuk menghadapi persaingan global, agar lulusan Kebidanan Universitas Alma Ata dapat segera bekerja dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Kurikulum D III kebidanan Universitas Alma Ata dilengkapi dengan mata kuliah kewirausahaan serta  organisasi dan manajemen kesehatan  yang membekali mahasiswa dalam berwirausaha di dunia kebidanan seperti membuka praktik mandiri (Bidan Praktik Mandiri), membuka usaha yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Keunggulan lain dari D III Kebidanan Universitas Alma Ata yakni pelaksanaan pembelajaran dengan system surveilans. Pembelajaran didtem surveilans ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa untuk memberikan asuhan secara real setting selama 1000 hari pertama kelahiran. Adanya pembelajarn tersebut mahasiswa mampu menerapkan asuhan kebidanan secara komprehensif dan continue sehingga bisa memantau perkembangan kesehatan Ibu dan Anak selama daur kehidupan manusia.

Kompetensi lulusan program studi DIII Kebidanan dibuat berdasarkan profil lulusan yang telah ditetapkan, yaitu :

  1. Care provider ( pemberi asuhan kebidanan )
    Lulusan Program Studi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata mempunyai kemampuan memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui , BBL, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standard praktik kebidanan dan kode etik profesi
  2. Community Leader ( penggerak masyarakat ) dalam bidang kesehatan ibu dan anak
    Lulusan Program Studi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata mempunyai kemampuan menjadi penggerak dan pengelola masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak dengan menggunakan prinsip partnership dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kewenangan dan lingkup bidan.
  3. Communicator (komunikator)
    Lulusan Program Studi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan perempuan , keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak.
  4. Decision maker (pengambilan keputusan dalam asuhan kebidanan)
    Lulusan Program Studi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata mempunyai kemampuan mengambil keputusan klinik dalam asuhan kebidanan kepada individu, keluarga dan masyarakat dengan menggunakan prinsip partnership.
  5. Manager (pengelola)
    Lulusan Program Studi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata mempunyai kemampuan mengelola klien dalam asuhan kebidanan dalam tugas secara mandiri , kolaborasi, dan rujukan dalam konteks asuhan kepada individu, keluarga, dan masyarakat.

Dari profil lulusan tersebut, Kompetensi lulusan program Studi D III Kebidanan Universitas Alma Ata adalah sebagai berikut:

  1. Mampu berperilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan.
  2. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak dalam pelayanan kebidanan.
  3. Mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kespro pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
  4. Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangannya
    Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan
  5. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.

312 total views, 1 views today