Tahap Pendidikan

Tahapan pendidikan Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta meliputi tiga tahapan

Tahap 1

Tahap 1 difokuskan pada penguasaaan ilmu dasar dan keterampilan dasar kebidanan.

Tahap 2

Pendidikan Tahap II difokuskan pada penguasaan asuhan kebidanan yang meliputi: Asuhan kebidan pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, neonatus, bayi, balita dan prasekolah, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana, komunitas serta kegawatdaruratan maternal neonatal.

Tahap 3

Pendidikan tahap III difokuskan pada penguasaan praktik profesional kebidanan dari tingkatan pencapaian kompetensi pemula sampai mandiri dan pembuatan laporan tugas akhir.

Untuk mewujudkan penguasaan materi pada tahap I-III pendidikan D III Kebidanan di stikes Alma Ata dilaksanakan:

 

1. Praktik klinik Kebidanan (PKK). Praktik klinik kebidanan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan meliputi PKK I, PKK II, PKK III

1.    Praktik klinik Kebidanan (PKK). Praktik klinik kebidanan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan meliputi PKK I, PKK II, PKK III
PKK merupakan praktik yang dilaksanakan secara komprehensif oleh mahasiswa untuk mengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam praktik asuhan kebidanan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, neonatus, bayi, balita dan anak prasekolah, komunitas, kesehatan reproduksi, keluarga berencana, dan kegawatdaruratan maternal neonatal di tatanan klinik kebidanan (Klinik,Rumah Sakit dan Puskesmas)

2. PPKK (Program Pendidikan Kebidanan Komunitas)

2.    PPKK (Program Pendidikan Kebidanan Komunitas)
PPKK dilaksanakan di masyarakat  untuk memberikan kesempatan pada mahsiswa dalam menemukan permasalahan kesehatan ibu dan  anak di tingkat  masyarakat.

357 total views, 1 views today