Massage and Hand Expression

Massage and Hand Expression

Hand expression adalah pengeluaran ASI dari payudara secara manual – menggunakan tangan. Hand expression dapat menjadi salah satu cara yang bermanfaat bagi Ibu untuk menambah dalam pemberian ASI eksklusif dan mencegah masalah umum seperti pembengkakan, saluran yang tersumbat, dan mastitis. Breast massage dan hand expression sejauh ini disarankan sudah dilakukan oleh ibu hami denga usia kehamilan 37 minggu untuk mempersiapkan proses laktasi.

Lima langkah hand expression adalah:
(1) Merangsang puting,
(2) Menemukan sinus laktiferosa (di tepi, atau di dalam areola dan terasa seperti “kacang kecil”),
(3) Membentuk “C” bentuk di sana dengan dua jari, dan
(4) Ungkapkan dengan menekan, mengompresi, dan melepaskan, dan (5) beralih sisi dan mengekspresikan tangan lagi. 

Apakah diperbolehkan untuk melakukan breast massage dan mengapa para ibu hamil dengan usia 37 minggu disarankan untuk melakukannya? Breast massage adalah suatu kegiatan me-massage jaringan diatas kelenjar susu (yang menghasilkan susu) dapat membantu meningkatkan efektifitas produksi susu, bahkan meningkatkan persediaan susu. Ini juga dapat membantu mencegah dan memberikan bantuan dari tantangan umum seperti pembengkakan, saluran tersumbat, dan mastitis.

Exactly what are we massaging? Ketika kita memijat untuk menyusui, kita tidak memijat bagian areola atau puting namun kita memijat jaringan di atas, yang membawa kelenjar susu dan yang menghasilkan susu.

 

Artikel by: https://www.theeducatedbirth.com/articles/

Translated and edited by Lia Dian, S.ST., M.Tr.Keb