Manfaat teh hijau untuk diet

Manfaat teh hijau untuk diet

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Oleh :

Mahasiswa S1 Gizi UAA; Amalia Ayu S, Amalia Sandi, Amanda Lusiana A, Ammara Asya A

Manfaat teh hijau untuk diet –  Indonesia memiliki perkebunan teh yang melimpah dan menjadi salah satu perkebunan teh terbesar di dunia. Perkebunan teh di Indonesia termasuk kedalam sektor pertanian, yang sangat membantu perekonomian Indonesia. Teh yang terkenal dari Indonesia dan di ekspor ke luar negeri, diantaranya Teh Hijau, Teh Hitam, Teh Serai, Teh Putih, Teh Merah, dan masih banyak lagi teh yang lainnya. Salah satu teh yang paling terkenal adalah Teh Hijau.

Pada dasarnya Teh Hijau harus ditanam dipegunungan, maka dari itu Indonesia sangat cocok dan strategis untuk menanam teh tersebut. Sudah banyak perkebunan teh di Indonesia yang menanam Teh Hijau, bukan hanya populer dikalangan masyarakat, Teh Hijau ini juga memiliki karakter dan aroma yang khas. Aroma yang segar dengan warna hijau muda dikarenakan oleh proses pengeringan dan penggulungan. Dilakukannya pengeringan untuk mencegah teh teroksidasi, karena jika Teh Hijau teroksidasi maka warna daunnya tidak akan hijau lagi. Fungsi dari oksidasi teh adalah untuk memecah klorofil secara enzimatik, disebut juga sebagai fermentasi teh.

Teh Hijau sangat digemari karena kandungan gizinya yang baik bagi tubuh serta mempunyai banyak manfaat. Kandungan yang terdapat pada Teh Hijau diantaranya polifenol, senyawa catechin, caffein, l-theanine, dan antioksidan. Selain itu Teh Hijau memilliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya untuk kecantikan, menurunkan berat badan, menyegarkan nafas, mengurangi kolesterol, mengelola diabetes, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan banyak terjadi pada kalangan masyarakat, dan membuat mereka resah. Efek dari obesitas yang begitu membahayakan, mulai dari menyebabkan  kolesterol, diabetes, stroke, hingga kematian. Banyak orang yang mengalami obesitas ingin menurunkan berat badannya, namun banyak mengalami kendala. Bagi sebagian orang mengikuti aturan diet dan olahraga yang teratur sangat sulit dilakukan, maka mereka mengambil jalan  tengah dengan  mengkonsumsi makanan dan minuman  herbal sebagai alternatif. Salah satunya dengan mengkonsumsi Teh Hijau yang dapat menurunkan berat badan.

Manfaat Teh Hijau untuk menurunkan berat badan sering digunakan untuk diet karena memiliki antioksidan alami dan kandungan kalori dalam Teh Hijau sangat rendah sehingga memudahkan untuk menjalani program diet. Selain itu juga, para ilmuan mengidentifikasi bahwa dalam Teh Hijau terdapat kandungan terbesar katekin yang berupa epigallocatechin gallate (EGCG) yang sangat berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh  sehingga dapat mengoksidasi lemak menjadi kalori. Kandungan lain yang terdapat pada Teh Hijau ini diantaranya Tanin, untuk menurunkan kolesterol, antioksidan yang tinggi dapat meminimalisir diabetes tipe 2, serta terdapar kafein yang rendah, sehingga tidak berakibat pada kenaikan tekanan darah.

Menurut penelitian pada Jurnal Gizi Klinik Indonesia vol. 9, No. 1 pemberian Teh Hijau pada wanita yang  kelebihan  berat badan ternyata mengalami penurunan berat badan yang tidak signifikan, hal ini dikarenakan banyak faktor lain pada saat penelitian, seperti asupan gizi yang tidak terkontrol pada saat penelitian. Namun dalam riset lain, dibuktikan bahwa Teh Hijau mampu menurunkan berat badan dengan penurunan rerata IMT secara signifikan pada penderita obesitas dengan rasio lingkar pinggang dan panggul.

Penggunaan Teh Hijau dilakangan  masyarakat sudah mulai terekspos, karena sudah banyak toko-toko yang menjual Teh Hijau instant. Terkadang di coffe shope juga tersedia menu Teh Hijau bagi yang tidak menyukai kopi, tapi ingin berkumpul dengan teman atau acara meeting. Bahkan sudah ada kemasan khusus untuk yang sedang diet dan sudah diperjualbelikan. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa teh hijau memang sudah dipercaya oleh masyarakat dapat menurunkan berat badan, dan cocok untuk diet, sehingga pemasarannya pun sudah meluas.

Waktu yang tepat untuk meminum teh hijau yaitu 2 jam sebelum tidur, agar melancarkan metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan, 1 jam sebelum olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, karena melakukan pembakaran kalori yang maksimal, dan bisa juga meminum setiap hari untuk tetap menjaga metabolisme tubuh dan melakukan detoksifikasi bagi tubuh.

Teh Hijau mengandung kafein yang berpengaruh pada kerja jantung. Jika mengkonsumsi terlalu berlebihan  maka dapat menyebabkan susah tidur, jantung berdebar kencang, dan pusing. Selain itu juga, kafein yang terdapat pada Teh Hijau dapat membuat melemahnya tulang, dan dapat menyebabkan pencegahan pada saat proses pembekuan darah. Didalam Teh Hijau juga terdapat Tanin dan Polifenol yang dapat menggaggu penyerapan zat besi.

Jadi, memang benar bahwa teh hijau bisa menurunkan berat badan karena terdapat kandungan zat katekin berupa epigallocatechin gallate (EGCG)  yang telah dibuktikan oleh banyak penelitian berupa jurnal dan artikel. Namun penelitian tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti asupan gizi lainnya yang tidak terkontrol oleh peneliti. Sehingga ada beberapa penelitian yang hasilnya penurunan berat badan dengan mengkonsumsi Teh Hijau ini kurang signifikan.  Teh Hijau juga memiliki antioksidan yang tinggi, karena pada proses pengeringannya tidak sampai terkoksidasi seluruhnya, yang membuat warna teh ini tetap hijau. Teh hijau sudah banyak dikenal dilangan masyarakat, sebagian orang mengkonsumsi Teh Hijau untuk diet. Namun, ada beberapa dampak buruk dari penggunaan Teh Hijau yang berlebihan karena mengandung kafein.

Teh Hijau akan mempengaruhi pada penurunan berat badan apabila dibarengi dengan mengkonsumsi asupan gizi lainnya yang terkontrol, dan tidak mengkonsumsi teh ini secara berlebihan, atau tanpa adanya aturan.

FIND US
___

Alamat
Jl. Brawijaya 99, 55183

Telepon
(0274) 434 2288,(0274) 434 2270

Email

prodigizi@almaata.ac.id

Open chat
md5 decrypt - md5