Warga Tamantirto Antusias Ikuti Senam Bersama Prodi Gizi, HIMAGI & Alma Ata Medical Center

Warga Tamantirto Antusias Ikuti Senam Bersama Prodi Gizi, HIMAGI & Alma Ata Medical Center

Penyakit Tidak Menular (PTM) atau Non-Communicable Diseases (NCDs) menjadi penyebab utama kematian secara global. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), PTM diperkirakan akan terus meningkat di seluruh dunia, peningkatan terbesar akan terjadi di negara-negara menengah dan miskin. Lebih dari dua pertiga (70%) dari populasi global akan meninggal akibat penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes (Depkes, 2013).

Tingginya angka kejadian PTM disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, salah satunya adalah kurang aktivitas fisik. Terkait hal ini Prodi Gizi dan HIMAGI Universitas Alma Ata bekerja sama dengan Alma Ata Medical Center menyelenggarakan kegiatan senam sehat bersama masyarakat dengan tema “Ceriakan Hidupmu dengan Senam Sehat” pada hari Minggu (23/7) di lapangan Pondok Pesantren Mahasiswi Universitas Alma Ata. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 warga yang bertempat tinggal di sekitar Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul.

Dosen Program Studi Ilmu Gizi Universitas Alma Ata, Yulinda Kurniasari, S.Gz, MPH menyebutkan antusiasme warga sekitar terhadap kegiatan senam cukup tinggi. Alma Ata berusaha untuk memfasilitasi warga sekitar dalam penyelenggaraan kegiatan senam. “Kegiatan rutin ini merupakan bagian dari aksi kami, mengajak warga untuk ikut aktif bergerak sebagai salah satu upaya preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular serta peningkatan kualitas hidup,” jelasnya. Rutin beraktivitas fisik dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, antara lain meningkatkan stamina, menguatkan dan menyehatkan, meningkatkan fleksibilitas, mengontrol berat badan.

Selain bertujuan untuk mencegah PTM, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendekatkan civitas akademika Universitas Alma Ata kepada masyarakat agar tetap terjalin kerja sama yang baik. Kegiatan senam ini diadakan rutin setiap dua minggu sekali, pada hari Minggu ke 2 dan ke 4 setiap bulannya. Selain senam, pada kesempatan ini warga juga dapat memeriksakan tekanan darahnya dengan gratis.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

thirteen + 8 =