Bakti Sosial dan Sosialisasai Pelayanan Konsultasi Gizi Home Care di Dusun Jadan, Tamantirto, Kasihan Bantul

Bakti Sosial dan Sosialisasai Pelayanan Konsultasi Gizi Home Care di Dusun Jadan, Tamantirto, Kasihan Bantul

Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi penyebab utama kematian secara global. Data WHO menunjukkan bahwa dari 57 juta kematian yang terjadi di dunia pada tahun 2008, sebanyak 36 juta atau hampir dua pertiganya disebabkan oleh PTM. PTM merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh proses infeksi. PTM seperti kanker, jantung , diabetes melitus, dan penyakit paru obstruktif kronis, serta penyakit kronik lainnya diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2030, seiring  dengan peningkatan faktor risiko akibat perubahan gaya hidup.

Kegiatan promosi kesehatan dalam pencegahan maupun pengendalian PTM memiliki peran yang cukup besar, terutama dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat yang terkait dengan faktor risiko penyebab PTM. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka pada tanggal 23 April 2017 Klinik Alma Ata Medical Center (AAMC) bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Gizi dan program studi lain di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata mengadakan kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan di Dusun Jadan, Tamantirto, Kasihan Bantul.

Kurang lebih 70 masyarakat sekitar yang terdiri dari ibu hamil, bayi, balita, remaja, dewasa dan lansia ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan dengan materi Gizi Seimbang, konsultasi gizi, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, kolesterol dan pembagian obat-obatan secara gratis.

Selain kegiatan promosi kesehatan, Alma Ata juga memiliki pelayanan dalam usaha pengendalian PTM, salah satunya dengan layanan home care. Home care adalah suatu layanan perawatan AAMC dengan mendatangkan tenaga kesehatan baik dokter, perawat, fisioterapi, ahli akupuntur maupun ahli gizi ke rumah pasien dengan berbagai kondisi/jenis penyakit dan latar belakang yang melandasi keputusan keluarga pasien untuk menggunakan layanan jasa ini.

Beberapa nilai plus layanan ini dibandingkan dengan layanan kesehatan di rumah sakit atau di klinik yang lain, antara lain;

  1. Ekonomis (economics):  pasien tidak perlu menjalanai rawat inap di rumah sakit),
  2. Kenyamanan (comfort): pasien tidak perlu dimobilisasi ke layanan kesehatan terdekat karena layanan home care kami yang akan mendatangi pasien), dan
  3. Kemudahan akses bagi keluarga (practicality): dengan kemudahan layanan pemesanan home care baik melalui website home care AAMC atau melalui telephone keluarga memiliki akses yang sangat mudah dan cepat untuk menggunakan layanan home care ini).

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

11 + 1 =