PRODUK HAND HYGIENE

PRODUK HAND HYGIENE

Beberapa Waktu terakhir ini, dunia termasuk Indonesia dibuat resah dengan semakin meningkatnya penularan Virus COVID-19. Berbagai macam upaya dilakukan untuk menekan lajunya penularan virus tersebut. Salah satu diantaranya adalah dengan meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) seperti mencuci tangan dengan baik di bawah air mengalir sesuai dengan anjuran ataupun menggunakan jenis pembersih tangan lainnya. Terdapat berbagai macam jenis Produk Hand Hygiene seperti yang dikutip dari WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care yaitu :

  1. Alcohol-Based (Hand) Rub

Alcohol-Based (Hand) Rub adalah pembersih tangan  yang mengandung alkohol yang dapat berbentuk cairan, gel ataupun foam yang bertujuan untuk menonaktifkan mikroorganisme atau menekan pertumbuhan mikroorganisme. Dalam pembuatannya dapat mengandung satu atau lebih jenis alkohol, bahan aktif lainnya seperti bahan pengisi dan humektan yang bertujuan untuk mencegah kulit menjadi kering akibat pemakaian alkohol.

  1. Antimicrobial (Medicated) Soap

Antimicrobial (Medicated) Soap adalah Sabun pembersih tangan yang mengandung zat antimikroba yang bekerja dengan menginaktifkan mikroorganisme atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan hidup. Contoh dari zat antimikroba tersebut adalah alkohol, chlorhexidine gluconate (CHG), turunan klorin, yodium, kloroksilenol (PCMX), Senyawa ammonium kwartener, dan triklosan.

  1. Antiseptik Hand Wipe

Antiseptik Hand Wipe adalah jenis antiseptik tangan dari sepotong kain atau kertas yang sudah dibasahi dengan antiseptik yang digunakan untuk menyeka tangan. Bertujuan untuk menonaktifkan dan menghilangkan mikroba yang ada di tangan. Antiseptik ini dapat menjadi alternative untuk mencuci tangan selain sabun antimikroba. Tetapi jenis ini kurang efektif untuk mengurangi jumlah bakteri jika dibandingkan sabun ataupun handrub. Antiseptik Hand Wipe tidak bisa digunakan untuk menggantikan penggunaan sabun ataupun handrub.

  1. Detergent (surfaktan)

Detergent (Surfaktan) adalah jenis hand hygiene yang memiliki kerja membersihkan. Jenis ini terdiri atas bagian hidrofilik dan lipofilik dan terbagi menjadi 4 kelompok yaitu ionik, anionik, kationik, amfoterik dan non ionik. Deterjen (Surfaktan) lebih dikenal dengan nama “Sabun”.

  1. Plain Soap

Plain Soap adalah Sabun pembersih tangan yang tidak mengandung zat antimikroba dan mungkin juga mengandung zat antimikroba tetapi hanya sebagai pengawet sabun tersebut.

  1. Waterless Antiseptic Agent

Waterless Antiseptic Agent adalah antiseptik tangan baik bentuk cair, gel ataupun foam) yang tidak memerlukan penggunaan air eksogen. Antiseptik ini diaplikasikan dengan meletakkan pada telapak tangan kemudian digosokkan bersama sampai kulit terasa kering.

Created by : Emelda (Farmasi FIKES UAA)