PENYULUHAN TENTANG SADARI PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA  

PENYULUHAN TENTANG SADARI PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA  

Tim Pegabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang SADARI pada WUS di Turi Sleman Yogyakarta. Berdasarkan fenomena dan permasalahan masalah kanker payudara (ca mamae). Kegiatan penyuluhan ini dilakukan oleh tim pegabmas PSIB (Fatimah, S.SiT., M.Kes dan Ratih Devi A, S.ST., M.Keb) serta melibatkan 5 mahasiswa DIII Kebidanan semester II dan IV,  kami dari Program Studi DIII Kebidanan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mulai dari mengundang para remaja dan ibu-ibu yang termasuk dalam kategori wanita usia subur, kader-kader serta bidan desa. Kegiatan ini dilakasanakan pada September 2018 di Balai Desa Turi. Untuk sasaranya adalah WUS (Wanita Usia Subur) di Desa Turi, Seleman.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah terselenggaranya penyuluhan tentang SADARI pada WUS di Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta dan memberikan kesadaran terhadap masyarakat mengenai pentingnya SADARI dan juga kesadaran terhadap kesehatan reproduksi.

Kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  dihadiri  oleh  masyarakat  yaitu  WUS  di  desa Turi  sekitar 20 sampai 30 orang peserta. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta menggunakan media leflat dalam melakukan penyuluhan. Materi yang disampaikan juga sangat baik seperti pegertian SADARI, manfaat melakukan SADARI, akibat tidak melakuan SADARI, pedoman melakukan SADARI dan cara melakukan SADARI.

Pada umumnya masyarakat antusias dan banyak pertanyaan yang menyangkut tentang masalah-masalah kesehatan reproduksi. Kegiatan ini mendapatkan  sambutan  yang  meriah  dari  masyarakat,  oleh  dosen  dan  mahasiswa  DIII Kebidanan  Alma  Ata  Yogyakarta,  yang  berjumlah  sekitar  5  mahasiswa.  Selanjutnya menyelenggarakan  penyuluhan  dan  melatih  kader  dalam  Perilaku SADARI oleh bidan desa dan dosen DIII Kebidanan  dibantu  mahasiswa  DIII Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Kegiatan ini sangat memberikan pegetahuan yang luar biasa bagi masyarakat desa Turi, karena dengan adanya penyuluhan SADARI masyarakat desa Turi dapat melakukan deteksi dini Kanker Payudara dengan cara SADARI. Masyarakat juga metrialkan bagaimana cara melakukan SADARI sesuai dengan apa yang telah di demostrasikan oleh pertugas pegabmas.