Mengulik Manfaat Posisi Gendong M-Shapes pada Bayi

Mengulik Manfaat Posisi Gendong M-Shapes pada Bayi

orami.co.id

Kebidanan Alma Ata – Menggendong bayi merupakan aktivitas yang tidak bisa dihindari ketika menjadi orang tua. Belakangan ini muncul sebuah topik tentang cara menggendong bayi dengan posisi M-Shapes. Sebenarnya posisi M-Shapes sudah ada sejak dahulu, namun posisi menggendong itu kembali dibicarakan publik setelah salah satu publik figur menggendong anaknya dengan posisi M-shapes. Meskipun cara menggendong bayi dengan posisi M-shapes terlihat mudah, namun jangan sampai salah dalam menerapkannya atau akan berakibat anak menjadi rewel. Bagi orang-orang awam, posisi M-shapes dirasa kurang aman digunakan untuk bayi baru lahir. Padahal sebenarnya, posisi M-shapes memiliki manfaat tersendiri untuk si bayi.

Posisi M-shapes adalah posisi menggendong bayi dengan posisi tegak seperti koala yang menggantung. Menggendong posisi M-shapes ini dilakukan dengan posisi bayi tegak dan pantat yang lebih rendah dari pada posisi lutut. Posisi ini dianggap aman karena membuat panggul bayi tetap dalam rongganya atau tepat posisinya dan punggung bayi menjadi nyaman. Posisi ini membuat si bayi merasa nyaman dan tidak akan membuat kaki bayi mengangkang. Posisi M-shapes dapat digunakan untuk menggendong bayi  baru lahir dan dapat digunakan sampai anak bisa berjalan sendiri. Faktanya menggendong bayi dengan posisi M-shapes sejak lahir dapat mempererat bonding antara orang tua dan anak.

Dilihat dari segi kesehatan, cara menggendong M-shapes ini memiliki beberapa keunggulan seperti tulang belakang bayi akan tumbuh secara optimal dan terjaga. Posisi M-Shape tidak membuat berat kaki menarik sendi pinggul ke bawah. Posisi ini memungkinkan cakram tulang belakang yang berfungsi sebagai peredam, melindungi tulang belakang, otak, dan struktur tulang lain dengan sempurna. Posisi gendong ini mirip dengan posisi tubuh bayi ketika dalam kandungan yang membentuk huruf C. Pada gendong M-shape posisi bayi menghadap tubuh ibunya dan kepalanya berada di dekat dada ibunya sehingga bayi merasakan kehangatan seperti dipeluk dan membuat nafasnya semakin lancar. Selain itu, posisi ini dapat digunakan untuk menjaga bayi dari tangan orang lain yang belum tentu terjaga kebersihannya.

Manfaat lain dari menggendong bayi dengan posisi M-shapes adalah membantu meningkatkan ikatan antara bayi dan orang tua karena banyak kontak skin to skin. Saat menggendong bayi dengan posisi tepat maka dapat mendukung perkembangan sosial emosional bayi, sehingga ia merasa lebih tenang di dekapan sang ibu.  Selain itu, posisi bayi yang seperti koala atau kangguru membuat ibu bebas beraktivitas seperti membersihkan rumah. Gendong posisi M-shapes membuat berat si bayi terbagi di bahu dan pinggul ibu sehingga meringankan beban dan membuat tubuh ibu tegap.

Beberapa manfaat ini dapat diperoleh ibu dan bayi ketika cara gendong M-shapes diaplikasikan dengan benar. Posisi M-shapes mengurangi risiko cedera leher dan tulang belakang ketika menggendong.

Damai Ikhsa Nada

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3652243/gendong-m-shape-untuk-bayi-ini-tips-dan-manfaatnya

https://mamapapa.id/cara-menggendong-bayi/

https://www.popmama.com/baby/7-12-months/bella-lesmana/manfaat-baik-menggendong-bayi-dengan-posisi-m-shape/5