TIDAK TERGANGGU PANDEMI, DOSEN PRODI S1 KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMA ATA BERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI RADIO

TIDAK TERGANGGU PANDEMI, DOSEN PRODI S1 KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMA ATA BERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI RADIO

Oleh : Linda Yulyani, S.S.T., M.Keb

S1 Kebidanan Alma Ata – Pandemi  Covid-19 yang hampir 2 tahun ini melanda dunia tidak dipungkiri telah banyak mengubah kebiasaan hidup masyarakat. Hal ini juga menimbulkan banyak perubahan di dunia pendidikan. Universitas Alma Ata yang merupakan salah satu lembaga pendidikan kesehatan di Provinsi DIY tentu juga terus beradaptasi dalam menghadapi hal ini. Kegiatan pendidikan, penelitian termasuk pengabdian kepada masyarakat juga sebisa mungkin menyesuaikan dengan kondisi di era pandemi ini.

Era new normal, begitu penyebutannya saat ini, kata yang dapat menggambarkan kehidupan masyarakat di era pandemi dengan segala penyesuaian yang dilakukan. Penggunaan masker, menjaga jarak, menghindari dan mencegah terjadinya kerumunan merupakan hal yang wajib diperhatikan dan dipatuhi saat ini. Akan tetapi, hal ini tidak membatasi dosen-dosen Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas Alma Ata untuk tetap memberikan informasi-informasi kesehatan yang bermanfaat kepada masyarakat. Pemberian edukasi kepada masyarakat yang biasanya dilakukan secara langsung melalui penyuluhan dengan mengumpulkan masyarakat, kini diubah melalui digital dengan memanfaatkan media sosial dan juga bekerja sama dengan Radio Saka FM Jogja.

Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata berkerja sama dengan Radio Saka FM Kota Yogyakarta dalam menghadirkan Talk Show Kesehatan. Talk show yang berlangsung Setiap Hari Jum’at ini disiarkan melalui frekuensi radio Saka FM, Live Streaming di Website Radio Saka FM, serta live melalui Instagram @s1bidanalmaata dan @radiosakafm. Sejauh ini topik-topik kesehatan yang diangkat sebagai tema adalah seputar kesehatan remaja. Hal ini dikarenakan mayoritas pendengar dan pengikut instagram Radio Saka FM dan S1 Kebidanan Alma Ata adalah Remaja.

Dosen-dosen Prodi S1 kebidanan Universitas Alma Ata yang telah menjadi pembicara pada talkshow ini diantaranya adalah Ibu Fatimatasari, M.Keb Bd., Ibu Linda Yulyani, S.S.T, M.Keb., dan Ibu Claudia Banowati Subarto S.S.T., M.Keb. Menurut Ibu Linda Yulyani, S.S.T., M.Keb, selaku Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata, Inovasi ini bahkan bisa jauh lebih baik, terutama jika melihat luasnya jangkauan yang dapat diraih. Sehingga tidak hanya terpusat pada satu kelompok masyarakat saja. Selain itu, video live instagram juga masih tersimpan dan tetap bisa diakses terus kapan saja oleh siapa saja dan dari mana saja.

Hal ini juga didukung oleh Ibu Kaprodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Universitas Alma Ata, yaitu Ibu Fatimatasari, M.Keb., Bd. “hal ini merupakan inovasi yang sangat baik dalam mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimasa pandemi ini. Seperti yang diketahui kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan harus kita batasi, tapi dengan seperti ini kita membuktikan bahwa pandemi bukanlah sebuah kendala dalam menyebarluarkan informasi kesehatan. Hal ini juga diharapkan dapat dicontoh oleh mahasiswa-mahasiswa kami kedepannya” Imbuh Fatimatasari.