Prodi Kebidanan Ikuti Pengabmas Dalam Rangka Optimalisasi Germas Di Dusun Gupak Warak, Pajangan, Bantul

Prodi Kebidanan Ikuti Pengabmas Dalam Rangka Optimalisasi Germas Di Dusun Gupak Warak, Pajangan, Bantul

Tanggal 23 November lalu, Dosen dan mahasiswa Prodi Kebidanan serta perwakilan dari semua prodi fakultas ilmu-ilmu kesehatan Universitas Alma Ata berkolaborasi dalam kegiatan “Optimalisasi GERMAS dalam rangka meningkatkan mutu kesehatan masyarakat di Dusun Gupakwarak, Sendangsari, Pajangan, Bantul”

GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI Joko Widodo dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif, serta melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Lintas sektor diharapkan dapat membuat kebijakan yang dapat mendukung pengimplementasikan Germas.

Kementrian kesehatan (Kemenkes) RI masih terus menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan. Karena banyak persoalan yang ada, maka seluruh akademika Kebidanan Universitas Alma Ata turut ikut andil dalam menggencarkan Germas ke seluruh lapisan masyarakat, melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin di dusun Gupakwarak.

Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada 3 kegiatan, yakni melakukan aktivitas fisik 3 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. Prodi Kebidanan Universitas Alma Ata sangat berupaya untuk berpartisipasi secara optimal dalam mensukseskan nawacita ke-5 melalui berbagai macam kegiatan kesehatan, seperti salah satu kegiatan Germas ini.

md5 decrypt - md5