PERINGATI GERMAS DAN HARI KESEHATAN NASIONAL

PERINGATI GERMAS DAN HARI KESEHATAN NASIONAL

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga merupakan progam yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indanesia (KEMENKES RI) untuk mewujudkan masyarakat indonesia yang berprilaku sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan. Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pada hari Minggu tanggal 18 November 2018 8 Mahasiswa dan beberapa dosen prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta bekerja sama dengan bidan desa, Puskesmas Kasihan I dan AAMC (Alma Ata Medical Center) melakukan kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dan peringatan hari kesehatan
nasional (HKN). Tempat kegiatan tersebut di selenggarakan di Kecamatan Kasihan dan Alun Alun Kidul Kota Yogyakarta. Kegiatan berupa penyuluhan deteksi dini kanker payudara dan pemeriksaan tekanan darah secara gratis.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi beserta pengetahuan tentang deteksi dini kanker payudara, menyadari pentingnya melalui kesehatan pemeriksaan kesehatan, pengetahuan seputar hipertensi dan bagaimana untuk pencegahannya. Sehingga di harapkan masyarakat paham dan mampu menjalankan atau menerapkan bagaimana cara mendeteksi dini dan pencegahan kanker payudara, pengetahuan hipertensi dan penanggulangannya, sadar dan aktif dalam melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Pelaksanaan penyuluhan deteksi dini kanker payudara dan pemeriksaan gratis pada masyarakat berlangsung dengan baik, masyarakat mendapatkan kepuasan dan berharap penyuluhan dan pemeriksaan seperti halnya dapat terlaksana kembali.