PENYULUHAN STUNTING PADA PUS DI KECAMATAN SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA

PENYULUHAN STUNTING PADA PUS DI KECAMATAN SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA

Mahasiswa D3 Kebidanan dan dosen universitas alma ata melakukan pengabdian masyarakat yaitu mengadakan acara penyuluhan pencegahan stunting di Dusun Ngepek Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Peserta penyuluhan pencegahan stunting ini terdiri dari 35 ibu-ibu yang masih mempuyai balita serta ibu ibu kader posyandu Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul.  Bersama dosen dan mahasiswa, bidan desa mengungkapkan permasalahan stunting masih menjadi permasalahan serius. Kebutuhan gizi dan asupan makanan harus diperhatikan ketika bayi masih dalam kandungan. Penyebab terjadinya masalah stunting salah satunya adalah faktor gizi ibu sebelum dan selama kehamilan merupakan penyebab tidak langsung yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil dengan gizi kurang akan menyebabkan janin mengalami intrauterine growth retardation (IUGR), sehingga bayi akan lahir dengan kurang gizi, dan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa langkah lain yang dapat dilakukan dalam pencegahan stunting diantaranya: memutus mata rantainya sejak janin dalam kandungan dengan cara melakukan pemenuhan kebutuhan zat gizi bagi ibu hamil, artinya setiap ibu hamil harus mendapatkan makanan yang cukup gizi, mendapatkan
suplementasi zat gizi (tablet Fe), dan terpantau kesehatannya. Selain itu setiap bayi baru lahir hanya mendapat ASI saja sampai umur 6 bulan (eksklusif) dan setelah umur 6 bulan diberi makanan pendamping ASI (MPASI) yang cukup jumlah dan kualitasnya. Ibu nifas selain mendapat makanan cukup gizi, juga diberi suplementasi zat gizi berupa kapsul vitamin A.

Ibu-ibu Desa Argodadi sangat antusias pada kegiatan penyuluhan ini. Dengan adanya penyuluhan ini semakin memberikan pengetahuan dan kepedulian mereka terhadap asupan makanan dan gizi yang tepat untuk perkembangan dan pertumbangan putra-putrinya. Karena mereka menganggap kesehatan seorang anak adalah penentu masa depan anak anak generasi emas mereka. Ketua penyuluhan Eka Nurhayati S. S. T,. M. K. M dosen kebidanan universitas alma ata berharap bisa memberikan manfaat kepada ibu-ibu masyarakat Desa Argodadi Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul melalui kegiatan penyuluhan stunting ini. Penyuluhan ini adalah sebagai media pengetahuan kepada ibu-ibu yang masih mempunyai anak di usia dini agar bisa mencegah terjadi stunting kepada putra putrinya. Dan acara seperti mudah mudahan bisa terus dilaksanakan oleh kader posyandu di Desa Argodadi.