Pembagian Tablet Fe Untuk Remaja Putri di Dusun Jambean Sebagai Upaya Remaja Bebas Anemia

Pembagian Tablet Fe Untuk Remaja Putri di Dusun Jambean Sebagai Upaya Remaja Bebas Anemia

S1 Kebidanan Alma Ata – Dalam rangka penanggulangan anemia pada remaja putri, mahasiswa komunitas kebidanan Universitas Alma Ata didusun Jambean bekerja sama dengan Puskesmas Pajangan melakukan pemeriksaan Hb gratis dan pembagian tablet Fe untuk remaja putri Dusun Jambean pada hari Senin, 1 Agustus 2022. Kegiatan pemeriksaan Hb gratis dan pembagian Tablet Fe pada remaja putri dilaksanakan sebagai pengabdian masyarakat dalam mata kuliah Youth Health Promotion oleh mahasiswa kebidanan, yang diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya penurunan prevalensi anemia dikalangan remaja Indonesia serta berperan dalam peningkatan kualitas generasi penerus bangsa.

Sebelumnya, mahasiswa kebidanan komunitas Universitas Alma Ata di dusun Jambean didampingi oleh dosen pendamping lapangan (DPL) Ibu Fatimah, S.SiT., M.Kes, serta Ibu Muafiqoh Dwiarini, S.ST., M.Sc, Ns-Mid dalam pelaksanaan program kerjanya telah menyelenggarakan kegiatan penyuluhan bagi remaja mengenai pencegahan anemia dan cara konsumsi tablet Fe yang diikuti oleh remaja karang taruna Dusun Jambean. Selain itu, sebagai tindak lanjut kegiatan dan arahan dari Puskesmas Pajangan, mahasiswa melakukan pendataan bagi remaja putri. Pendataan tersebut digunakan sebagai pemantauan dari puskesmas dalam distribusi dan pengadaan tablet Fe setiap bulannya. Nantinya, pada setiap bulan, puskesmas Pajangan akan menyuplai tablet Fe yang akan dibantu pembagiannya oleh kader posyandu remaja di Dusun Jambean. Selain diberikan tablet Fe, remaja juga diberikan kartu konsumsi Tablet Tambah Darah sebagai pemantauan mandiri dan juga pedoman bagi remaja putri.

 Tujuan dari konsumsi tablet Fe/Tablet Tambah Darah ini adalah sebagai langkah awal pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri serta meningkatkan status gizi remaja putri. Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan angka anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal di masa menjelang kehamilan nantinya dan dapat mencipatkan generasi berencana yang sehat. Pembagian tablet tambah darah juga merupakan salah satu program nasional dan program dari Puskesmas Pajangan secara khusus untuk mempersiapkan generasi yang bebas anemia.

Oleh : Nisrina Afifaturohmah (Mahasiswi S1 Kebidanan 2019)