MAHASISWA KEPERAWATAN UAA CIPTAKAN NESTING PORTABLE

MAHASISWA KEPERAWATAN UAA CIPTAKAN NESTING PORTABLE

Dalam pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang tahun 2019, mahasiswa Keperawatan Universitas Alma Ata berhasil menciptakan inovasi Nesting Portable. Tim PKM-KC yang beranggotakan Anisa Iriyanti, Esa Kartika dan Sahrul mengembangkan inovasi tempat tidur untuk bayi berat lahir rendah (BBLR). Karya nesting portable ini dibuat dengan 2 bagian utama yaitu nesting bed dan frame bed. Nesting bed dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi sehingga bisa digunakan saat perawatan di inkubator maupun di luar inkubator menyesuaiakan ukuran pertumbuhan bayi. Keunggulan lain nesting bed yaitu memiliki cover yang dapat dilepaskan apabila ingin dicuci, serta dilengkapi perlak yang dapat dipasang atau dilepas sesuai keinginan. Frame bed sebagai dudukan nesting bed dapat dengan mudah dilipat, mudah dalam penyimpanan dan secara fleksibel dapat dipindah-pindah. Frame bed dapat digunakan sampai bayi berusia 3 bulan dan nesting bed dapat digunakan sampai bayi berusia 6 bulan.

Sementara itu dosen pembimbing dari tim PKM-KC ini, Ibu Anafrin Yugistyowati, M.Kep., Sp.Kep., An menilai PKM bidang Karsa Cipta Nesting portable ini memiliki prospek ke depan yang sangat bermanfaat untuk riset tentang BBLR dan tidak menutup kemungkinan untuk diperjualbelikan di masyarakat. Inovasi nesting portable ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu media intervensi dalam meningkatkan kualitas kesehatan bayi melalui penyediaan tempat tidur yang mendukung tumbuh kembang BBLR.

Kegiatan PKM ini merupakan program dari KemenristekDikti yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta untuk mengajukan usulan proposal PKM 5 Bidang (PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T,  dan PKM-KC). Tim PKM-KC ini telah lolos seleksi dan mendapatkan dana hibah untuk pelaksanaan kegiatan PKMnya.  Untuk selanjutnya tim PKM-KC ini juga akan berkesembatan mempresentasikan hasil PKMnya dalam kegiatan monitoring evaluasi (MONEV) yang akan berlangsung 4-5 Juli 2019, dimana pada seleksi MONEV tersebut akan menentukan PKM yang akan lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Semoga tim PKM ini menjadi bagian dalam kegiatan PIMNAS tahun 2019 dan dapat mengharumkan nama Universitas Alma Ata di forum ilmiah nasional… Aamiin Yaa Robbal’alamiin.