“Aku, Organ Reproduksi dan Masa Depanku”, Topik yang diangkat Prodi Kebidanan dalam Webinar Kolaborasi FIKES UAA

“Aku, Organ Reproduksi dan Masa Depanku”, Topik yang diangkat Prodi Kebidanan dalam Webinar Kolaborasi FIKES UAA

Himpunan Mahasiswa Kebidanan, Farmasi, dan Administrasi Rumah Sakit Menyelenggarakan webinar kolaborasi pada siswa siswi SMA sederajat yang ada diwiliayah Yogyakarta. Webinar kolaborasi diselenggarakan pada Sabtu, 24 April 2021. Peserta nampak antusias dilihat dari jumlah yaitu sekita 110 peserta

Pembicara pertama adalah Dyah Pradnya Paramita, SST., M.Kes yang memaparkan materi mengenai   kesehatan   reproduksi   dengan   judul   “Aku,   Organ   Reproduksiku,   dan  Masa Depanku”. Peserta diajak untuk  mengenal masa pubertas dan perubahan tubuh  selama   masa pubertas,  serta  memberikan  kesadaran  akan  kesehatan  reproduksi  yang  sangat  penting untuk  masa depan para remaja dan dewasa muda.

“Peran Penting  PHBS  di  Masa Pandemi  COVID-19”  menjadi  tema yang dipaparkan  oleh Fatma Siti  Fatimah,  S,Kep.,  Ns., MMR. Materi  ini membuat para peserta ingat  bahwa saat ini virus  COVID-19  masih  menjadi  pandemi  dan  PHBS  merupakan upaya  pencegahan  paling mudah dan utama untuk  bisa diterapkan secara mandiri.

Pembicara terakhir, yaitu apt. Nurul Kusumawardani, M.Farm memaparkan  materi berjudul “Mengenal  Obat di  Bulan  Ramadhan dan Cerdas Penggunaannya dengan  Tanya  Lima  O”. Peserta diajak untuk  lebih mengenal golongan-golongan obat yang beredar di pasaran, cara penggunaan obat, efek  samping yang dapat ditimbulkan dari konsumsi obat, dan cara penyimpanan obat yang baik.

Di akhir  acara, Alfiyah  Salsabila  (mahasiswa  farmasi  selaku  MC) dan panitia  mengadakan kuis  terkait  materi  yang  telah  dipaparkan  untuk   mengevaluasi  atensi  dari  para  peserta. Terdapat tiga peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat, sehingga mendapatkan reward  dari  para panitia.  Dengan  kuis  ini,  panitia  dapat menilai  atensi  dan partisipasi dari peserta sangat baik.