HIMAFA, Organisasi Mahasiswa Farmasi sebagai Wadah Mengasah Soft skill Untuk Meraih Sukses

HIMAFA, Organisasi Mahasiswa Farmasi sebagai Wadah Mengasah Soft skill Untuk Meraih Sukses

Mahasiswa adalah sekelompok kaum intelektual yang tumbuh dalam suatu lingkungan akademik yang diharapkan nantinya akan menjadi sarjana yang berkarakter dan berilmu, dan siap menghadapi dunia kerja kerja. Pihak penyedia lapangan kerja tentunya memiliki kriteria bagi para calon pekerja tersebut. Dalam menarik calon pekerja biasanya pihak penyedia lapangan kerja membutuhkan calon pekerja yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidang pekerjaan para penyedia lapangan kerja.

            Setiap tahunnya terdapat banyak lulusan perguruan tinggi yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, sementara jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan peningkatan jumlah lulusan yang ada Dengan besarnya persaingan tersebut maka sebaiknya mahasiswa harus membekali diri dengan kemampuan-kemampuan mencakup hard skill dan soft skill. Sebagaimana diuraikan dalam  artikel penelitian  Tegar dkk (2014), hard skill umumnya didapat melalui jalur pendidikan seperti sekolah dan kursus, atau dapat juga diperoleh secara otodidak, sedangkan soft skill didapat dalam kehidupan sehari-hari seseorang melalui lingkungan, pergaulan, serta kebiasaan dan sifat-sifat lain yang terbentuk melalui kehidupan sosial seseorang seperti berinteraksi dengan orang lain dan membangun jaringan/koneksi dengan orang lain. Soft skill ini dapat diasah di dalam sebuah organisasi.

Kebutuhan mahasiswa untuk dapat mengasah soft skil dalam sebuah organisasi ini dipenuhi dengan bergabung dalam kegiatan HIMAFA. HIMAFA (Himpunan Mahasiswa Farmasi) merupakan suatu organisasi mahasiswa yang menaungi, memfasilitasi, menampung aspirasi, serta sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi dan informasi mengenai dunia kefarmasian. Dalam kurun waktu 2 tahun sejak berdiri di akhir tahun 2016 telah banyak jenis kegiatan yang dilaksanakan, yang jika dicermati semua bentuk kegiatan tersebut sangat bermakna dalam mengasah kemampuan mahasiswa baik secara langsung dan tidak langsung. Beberapa soft skill yang dikembangkan adalah : percaya diri, emotional intelligence, komunikasi dan negoisasi, kemampuan mengatur waktu, kepemimpinan, berpikir kritis, kemampuan kerja sama dalam tim, empati, kecerdasan spiritual, keperdulian terhadap lingkungan sekitar.

1. Kegiatan Malam Keakraban HIMAFA

Dalam kegiatan ini selain tujuan utamanya mempererat tali silaturahmi, juga menambah pengalaman berorganisasi, melatih jiwa kepemimpinan dengan kegiatan outbond dan kerja sama tim

2. Diskusi ilmiah tentang isu kefarmasian (Kandungan Minyak Babi pada Sediaan Obat)

Kegiatan ini akan melatih mahasiswa berfikir kritis, mengungkapkan pendapat, menghargai pendapat orang lain dan kemampuan memecahkan masalah dengan memberi solusi dari suatu permasalahan.

3. Kegiatan pungut sampah

Kepedulian terhadap lingkungan menjadi salah satu sikap yang akan dipupuk dengan kegiatan ini, sehingga ada rasa tanggungjawab menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat.

4. Kegiatan kerohanian, Tausiah, buka bersama dan talk show

Kegiatan kerohanian dan ilmiah diseimbangkan untuk membekali mahasiswa meningkatkan kecerdasan intelektual dan spiritual

5. Farmasi Berbagi ke Panti Asuhan Abu Dzar Al-Ghifari”

Kegiatan sosial HIMAFA ke panti asuhan, memupuk rasa empati kepada sesame, meningkatkan kepedulian sosial, memberi solusi pada permasalahan yang ada di masyarakat sekitar

6. Mini Seminar dan Sapa HIMAFA

Penyelenggaraan kegiatan seminar ilmiah ini menjadi salah satu ajang mengasah kemampuan soft skill yang menyeluruh, di mana di dalam kegiatan tersebut mencakup kepemimpinan, kerja sama tim, kemampuan komunikasi/negosiasi, kemampuan membagi waktu, berfikir kritis, mengambil keputusan, manajemen resiko dan lain-lain.

Kesimpulannya adalah, untuk menjadi sukses, kita harus selalu meningkatkan  kemampuan hard skill dan soft skill, jadwal belajar dan bersosialisasi harus diseimbangkan. Untuk menguatkan motivasi dalam mengikuti kegiatan  berorganisasi adalah quote dari seorang motivator yaitu   ”Hard skills may get you the job, but soft skills can make you or break you as a manager”. Salam suksess!!

md5 decrypt - md5