Mahasiswa Kebidanan UAA tuntaskan PPKK

Mahasiswa Kebidanan UAA tuntaskan PPKK

ALHAMDULILLAH, Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata telah melaksanakan program Praktik Pendidikan Kebidanan Komunitas (PPKK) di Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada tanggal 10 Desember 2018 – 05 Januari 2019. Program kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa, Dosen dan kolaborasi dengan  Pihak Puskesmas Sedayu II dengan Tema “Motivasi Masyarakat dalam Menurunkan AKI, AKB dan Stunting melalui Dusun Siaga. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak serta pemberdayaan masyarakat guna menciptakan masyarakat yang perduli dan mampu membangun perubahan kesehatan dengan mengusung Dusun Siaga.

Salah satu indikator dari Desa Siaga adalah Sistem Kesiapan Gawat Darurat dan Bencana berbasis Masyarakat, Menciptakan Lingkungan Sehat, Upaya Menciptakan Terwujudnya PHBS dan Upaya Menciptakan Terwujudnya KADARZI. Dari beberapa indikator diatas, mahasiswa prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata berhasil memberdayakan masyarakat di tiga Dusun melalui kegiatan “GERMAS – Makan Buah Setiap Hari”, “Praktik Tanggap Bencana”, “Konseling ASI Eksklusif door to door”, serta “pembentukan Juru Jemantik, Kader Kesehatan Remaja dan Juru Pemantau Berhenti Merokok”.

Program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama 4 minggu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Tidak sedikit program kesehatan yang telah terealisasi dengan baik. Kegiatan yang ditawarkan memberikan angin segar dalam atmosfir kegiatan di Dusun. Masyarakat mengaku antusias dan sangat terbantu terutama dari segi pendidikan kesehatan dan kesejahteraan untuk Ibu dan Anak. Diharapkan untuk kedepannya, program yang ditinggalkan tidak hanya menjadi sebuah kenangan manis untuk masyarakat, namun menjadi sebuah awal untuk membentuk perilaku kesehatan yang dapat dikembangkan serta dievaluasi oleh kedua belah pihak, serta masyarakat mampu membangun Dusun Siaganya menjadi Contoh baik bagi dusun-dusun lainnya di wilayah kabupaten Bantul.