Ada tiga kunci hidup sehat saat menjalani aktivitas di tengah pandemi Covid-19

Ada tiga kunci hidup sehat saat menjalani aktivitas di tengah pandemi Covid-19

 

  1. Eating resolution

“Yang dimaksud eating resolution adalah, kita harus mengonsumsi makanan yang bervariasi. Ada karbohidrat, protein, vitamin, mineral, tidak hanya karbohidrat saja,” 

“Jika sedang melakukan self-quarantine, makan sayur dengan porsi setengah dari satu piring.”

“Sementara untuk buah, dianjurkan masing-masing minimal satu buah apel, satu buah pisang, tujuh buah stroberi, tiga buah kurma, atau delapan buah anggur.”

“Batasan gula yang aman per hari yaitu 50 gram atau setara empat sendok makan gula. Lalu, 5 gram garam atau setara satu sendok teh garam. Sedangkan minyak, konsumsi aman ada di angka 67 gram atau lima sendok makan minyak.”

Cara mengurangi konsumsi gula, kata Aldis, bisa dengan mengonsumsi teh atau jus tanpa gula, atau menggunakan gula rendah kalori. “Daripada konsumsi donat atau cake sebagai snack, buah jauh lebih sehat. Selalu siap pula air mineral saat bepergian.”

Untuk membatasi garam, Aldis menganjurkan kita agar mengurangi saus, kecap, atau sambal saat makan. “Pilih kondimen yang cenderung lebih rendah garam.”

“Saat memasak, perbanyak rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan tanpa perlu garam. Bawang putih dan jamur-jamuran juga dapat memberi rasa pada makanan,” kata dia.

“Selain itu, kurangi konsumsi produk olahan dan perbanyak konsumsi makanan segar seperti buah dan sayur. Karena kandungan kalium di buah dan sayur tinggi, dapat menggantikan natrium.”

  1. Exercise resolution

“Dalam exercise resolution, harap diingat aturan 8-10 rules. Yaitu minum air putih sebanyak delapan sampai sepuluh gelas sehari, lalu berjemur sekitar 15 menit di jam 8-10 pagi,” “Saat latihan beban, kita bisa menggunakan body weight, contohnya push up, sit up, squat.” Sementara, jenis olahraga lain yang dapat dilakukan selama 30 menit, 

  1. Mind and soul resolution

“Di masa pandemi, jaga pikiran agar tetap tenang dan tidak mudah panik. Supaya kita tidak stres,” ujar Aldis. Aldis menyebut empat cara untuk menerapkan mind and soul resolution. Yaitu:

  1. Rutin melakukan panggilan video dengan sahabat dan keluarga
  2. meditasi selama lima menit 3. Tidur 7-8 jam sehari
  3. Tidak gampang percaya dengan hoaks dan isu pandemik yang berlebihan.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*