Workshop Kurikulum Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan

Workshop Kurikulum Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan

Memasuki era industri 4.0 menjadi tantangan bagi semua lingkup masyarakat tidak terkecuali di bidang pendidikan dan kesehatan. Untuk menghadapi tantangan ini, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata mengadakan Workshop Kurikulum dengan tema “Pengembangan Mutu Kurikulum Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” dan mengundang pakar kurikulum kesehatan dari Universitas Gajah Mada yaitu Ibu dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., PhD. Acara ini berlangsung pada Selasa, 13 November 2018 dan di ikuti oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Dalam workshop kurikulum ini, beliau menyampaikan bahwa revolusi atau perubahan pasti selalu terjadi di dunia pendidikan dan kesehatan. Ciri-ciri revolusi 4.0 bidang kesehatan meliputi beberapa tindakan medis/ kegiatan dalam pelayanan kesehatan yang menggunakan teknologi, kegiatan berbasis internet, Genomicsdigital medicine dimana pasien akan mampu meningkatkan kesehatan secara mandiri, artifial intelegent and robotics. Selain itu, ciri revolusi industry 4.0 dalam bidang pendidikan yaitu pembelajaran yang berbasis IT misalnya e-learning, penggunaan portal akademik yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen dimanapun mereka berada.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan oleh institusi dan dosen demi menghasilkan lulusan yang tidak hanya pintar, tapi juga sebagai agent of change meliputi:

  • Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) harus responsif terhadap perubahan, sehingga tidak menjadi course pembelajaran yang statis, jika 10 skill sudah ada, maka perlu dipertajam, dan kegiatan pembelajaran mahasiswa diluar kelas sangat penting untuk melatih krativitas mahasiswa
  • Didalam kurikulum harus ada IPE (Inter-Professional Education) dengan tema yang berbeda disetiap kegiatan pembelajaran.
  • IT for learning untuk memaksimalkan proses belajar
  • Adaptation Local dan harus menjalin kerjasama dengan LN
  • Strengthening of Educational Resources meliputi memperkuat sumber-sumber pembelajaran, ex: buku-buku yang dapat diakses secara online, dosen membuat vidio/ aplikasi
  • Professionalism
md5 decrypt - md5