S1 ARS UAA Mengimplementasikan MBKM-Magang Dalam Pembelajaran Hospital Exposure

S1 ARS UAA Mengimplementasikan MBKM-Magang Dalam Pembelajaran Hospital Exposure

Dosen S1 ARS M Zia Ulhaq., M.Kes bersama mahasiswa peserta MBKM-Magang di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Oleh : Imram Radne Rimba Putri, S.Kep.,Ns.,M.M.R

S1 Adminitrasi Rumah Sakit Alma Ata – Kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Kebijakan Kemendikbud tersebut sejalan dengan Visi dan Misi Universitas Alma Ata (UAA) yang diturunkan kepada Visi dan Misi program studi, termasuk Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit (S1 ARS) UAA, terutama dalam kontek menyiapkan lulusan yang unggul dan mampu mengikuti persaingan global. Oleh karena itu S1 ARS Universitas Alma Ata merespon dengan baik kebijakan MBKM dari Kemdikbud dan siap mewujudkannya melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi UAA. Rancangan kegiatan program/pembelajaran MBKM tersebut antara lain dalam bentuk pertukaran pelajar, magang /praktek kerja, asistensi mengajar, penelitian/riset, proyek independen, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, dan KKN tematik.

Melalui program MBKM, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. Melalui interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, dengan dunia nyata, maka perguruan tinggi akan hadir sebagai mata air bagi kemajuan dan pembangunan bangsa, turut mewarnai budaya dan peradaban bangsa secara langsung. 

Sebagai pengimplimentasian salah satu program MBKM yaitu Magang, prodi S1 ARS UAA melaksanakan pembelajaran Hospital Exposure di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Saat ini terdapat 5 mahasiswa semester 5 yang mengikuti program ini, yaitu Fajrul Falah, Syifa Salsabila, Miftakhurrohmah, Nurul Ima Alfiah, Serin Supriani. Lama magang selama 1 semester atau 6 bulan yang dilaksanakan dari september 2021 sampai februari 2022. Mahasiswa magang di beberapa unit/direktorat di RS tersebut, yaitu di Direktorat Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, Direktorat Perencanaan, Keuangan dan BMN, dan Direktorat SDM, Pendidikan dan Umum.

Kegiatan ini akan di rekognisi dengan beberapa mata kuliah di semester 5 sebanyak 20 SKS. Berdasarkan hasil supervisi oleh dosen S1 ARS UAA, Bapak M Zia Ulhaq., M.Kes,  mahasiswa mengatakan puas dan mendapat banyak pengalaman yang didapat dari pembelajaran Hospital Exposure langsung di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, yaitu dapat memahami, mengidentifikasi, mengenali serta menganalisis masalah yang ada di unit tempat mereka praktik. Kegiatan ini juga sebagai bentul implementasi kerjasama/MOU antara Universitas Alma Ata dengan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang dalam hal pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Selain program MBKM-Magang, Program Studi S1 ARS UAA juga mengimplementasikan program MBKM lainnya seperti KKN Tematik, Penelitian, dan Kewirausahaan.

md5 decrypt - md5