Persiapan Persalinan Pada Saat Masa Pandemi COVID-19

Persiapan Persalinan Pada Saat Masa Pandemi COVID-19

Prodi Kebidanan Alma Ata – Dalam masa pandemi COVID- 19 aktivitas dalam pencapaian target penurunan kematian bunda serta balita baru lahir mesti senantiasa dilaksanakan. Departemen Kesehatan sudah mempersiapkan ketentuan penindakan persalinan di rumah sakit buat menghindari terjalin nya penularan COVID- 19 kepada bunda bersalin. Persalinan bunda dengan permasalahan suspek ataupun probable dicoba di Rumah sakit Rujukan COVID- 19. Mengingat banyaknya permasalahan COVID- 19, baik permasalahan konfirmasi, suspek, ataupun probable, butuh diterapkan protokol kesehatan untuk bunda berbadan dua yang pula memiliki resiko buat mengidap penyakit COVID- 19.

Tiap bunda hamil yang hendak melaksanakan persalinan diimbau buat melaksanakan skrining COVID- 19 7 hari saat sebelum taksir persalinan. Dalam masa pandemi COVID- 19 ini rumah sakit rujukan COVID- 19 biar melangsungkan pelayanan maternal serta neonatal dengan mencermati kewaspadaan isolasi untuk segala penderita, berikut persiapan persalinan di masa tengah pandemi :

Proteksi diri

Kehamilan secara natural menimbulkan sistem imunitas badan menyusut. Perihal ini membuat ibu hamil lebih rentan terserang peradangan, tercantum peradangan virus Corona. Tidak hanya itu, bermacam perubahan di dalam badan yang terjalin semasa kehamilan pula membuat bunda berbadan dua bisa hadapi indikasi yang lebih berat apabila terserang COVID- 19.

Mendekati waktu melahirkan, jadwal pemeriksaan kehamilan ke dokter isi ataupun bidan pula jadi lebih kerap. Maksudnya, Bumil jadi lebih kerap keluar rumah. Nah, untuk kurangi resiko tertular virus Corona, berarti sekali untuk Bumil buat melaksanakan aksi penangkalan, di antara lain dengan:

  • Mencuci tangan sesering mungkin menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer yang kadar alkoholnya minimal 60%
  • Tidak keluar rumah dulu, kecuali bila ada keperluan mendesak, dan tidak bepergian ke tempat yang ramai
  • Melakukan physical distancingyaitu menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, saat berada di luar rumah

Pilihan tempat melahirkan

Opsi tempat melahirkan, baik itu di rumah, klinik, ataupun rumah sakit, pula butuh Bumil pikirkan baik- baik dengan memikirkan resiko serta khasiatnya. Diskusikanlah dahulu perihal ini dengan dokter.

Formulir Persalinan

Ibu hamil bebas memilih cara persalinan, apakah itu persalinan normal atau operasi caesar. Namun, pilihan ini tetap perlu disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Dokter kandungan atau bidan Anda akan memberi tahu Anda cara terbaik untuk melahirkan secara alami.

Perawatan Khusus Ibu Hamil COVID19

Jika Ibu Hamil Mengalami Gejala COVID19, seperti demam, batuk, dan sesak napas, segera isolasi diri dan hubungi hotline COVID19 di 119 Ext. 9 untuk petunjuk lebih lanjut. Ibu hamil dengan COVID19 tetap bebas memilih cara persalinan yang akan dijalaninya, namun harus dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID19 terdekat untuk isolasi dan perawatan khusus, yaitu sebelum melahirkan, selama atau setelah anak lahir. .