Cara Mudah Agar Janin Tetap Sehat

Cara Mudah Agar Janin Tetap Sehat

Prodi Kebidanan Alma Ata – Menjaga janin tetap sehat adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Karena nantinya, hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang anak hingga ia beranjak dewasa.

Sejatinya, kesehatan anak diperoleh sejak ia masih berada dalam kandungan. Lalu, apa yang dapat dilakukan ibu agar janin selalu sehat hingga persalinan ?. Berikut cara untuk menjaga janin tetap sehat.

1. Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

jumlah konsumsi yang kamu mengkonsumsi sangat mempengaruhi nutrisi kandungan sebab itu singkirkan niat untuk diet ataupun menjauhi kenaikan berat tubuh sepanjang hamil . Jika memang berat badan Anda meningkat pesat saat hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Perhatikan Asupan Zat Besi

Selama hamil, kebutuhan zat besi meningkat untuk pembentukan sel darah merah dan plasenta. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi dengan mengonsumsi daging, sayur, dan buah-buahan.

3. Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Rokok dan alkohol terbukti sangat berbahaya bagi janin. Untuk menghindari dampak buruknya, jauhkan diri Anda dari dua hal ini.

4. Jaga Berat Badan

Selama kehamilan bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya dan tak memperhatikan kenaikan berat badan. Normalnya, wanita hamil akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11-16 kg, namun kenaikan ini ditentukan dari IMT (indeks massa tubuh) awal sebelum hamil.

Peningkatan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Dalam menjaga kesehatan janin, ibu hamil juga memerlukan asupan air putih yang cukup. Air putih tak hanya mencegah dehidrasi dan melancarkan saluran pencernaan, tetapi juga melancarkan aliran darah dari ibu ke janin melalui plasenta.

6. Istirahat

Semakin bertambahnya usia kehamilan, mungkin Anda cenderung sulit tidur pada malam hari karena keluhan nyeri pinggang maupun sesak napas. Hal ini sangat wajar terjadi, namun Anda bisa menyiasatinya dengan tetap istirahat dan tidur siang agar jumlah jam tidur terpenuhi.