HISTORI HARI KESEHATAN NASIONAL

HISTORI HARI KESEHATAN NASIONAL

Tahu kah kalian apa yang melatarbelakangi lahirnya Hari Kesehatan Nasional (HKN)?

Latar belakang lahirnya Hari Kesehatan Nasional terjadi pada masa Presiden Soekarno pada tahun 1950 dimana pada tahun tersebut terjadi wabah penyakit malaria yang paling banyak diderita oleh rakyat Indonesia dan ratusan ribu korban menjadi korban wabah ini.

Pada tahun 1959, pemerintah melakukan upaya pemberantasan malaria di seluruh Indonesia dengan membentuk Dinas Pembasmian Malaria yang 4 tahun kemudian berganti nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Pemerintah RI bekerja sama dengan WHO, dan USAID, merencanakan bahwa pada tahun 1970 malaria akan hilang dari bumi Indonesia.

Upaya pembasmian malaria dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung yang diawali dengan penyemprotan secara simbolis oleh Presiden Soekarno di Desa Kalasan, Yogyakarta. Selain penyemprotan DDT ini, kegiatan lain juga dilaksanakan seperti pendidikan kesehatan dengan penyuluhan kepada masyarakat.

Dari beberapa upaya tersebut, lima tahun kemudian kurang lebih 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Keberhasilan pemerintah dalam membasmi malaria ini lah yang kemudian diperingati menjadi HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) pada tanggal 12 November 1964.

md5 decrypt - md5