Apakah Anda Mengalami Stunting?

Apakah Anda Mengalami Stunting?

Penulis : Dewi Astiti

Stunting atau yang dikenal masyarakat dengan istilah kerdil adalah suatu keadaan gizi dimana seseorang memiliki tinggi badan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang lain seusianya yang berjenis kelamin sama. Stunting merupakan akibat kekurangan gizi jangka panjang (kronis), yang mungkin telah dimulai sejak dalam kandungan sehingga pertumbuhan tinggi badan tidak dapat mencapai potensinya yang optimal.

Bagaimana menilai apakah seseorang mengalami stunting?

Referensi pertumbuhan anak Indonesia menggunakan standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO). Grafik pertumbuhan tinggi badan anak yang disediakan berbeda berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usia yaitu : grafik pertumbuhan anak perempuan : usia 0 – 5 tahun dan usia 5 – 19 tahun, serta grafik pertumbuhan anak laki-laki : usia 0 – 5 tahun dan usia 5 – 19 tahun. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menentukan apakah seseorang mengalami stunting atau tidak adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan 3 jenis data yang diperlukan yaitu : jenis kelamin (perempuan/laki-laki), usia (tahun dan bulan penuh), dan panjang badan/tinggi badan anak (cm).
  2. Setelah ketiga data tersebut diperoleh, maka pilih salah 1 grafik yang sesuai (menurut jenis kelamin dan kelompok usianya)
  3. Perhatikan bahwa sumbu x (mendatar) menunjukkan usia dan sumbu y (vertikal) menunjukkan tinggi badan anak
  4. Garis hijau (0), kuning (1 dan -1), merah (2 dan -2), dan hitam (3 dan -3) pada grafik menunjukkan pola pertumbuhan tinggi badan anak berdasarkan pertambahan usianya.
  5. Menggunakan data yang telah disiapkan, tentukan titik usia pada sumbu x dan tinggi badan pada sumbu y
  6. Buatlah garis vertikal (ke atas) dari titik usia dan garis horizontal (mendatar) dari titik tinggi badan sehingga mendapatkan titik temu
  7. Titik temu kedua garis tersebut dapat memberikan informasi mengenai status gizi anak.
  • Jika titik temu terdapat di atas garis merah 2 maka anak dinyatakan tinggi untuk anak seusianya dengan jenis kelamin yang sama
  • Titik temu berada di antara 2 garis merah (antara -2 dan 2) maka tinggi badan dinyatakan normal
  • Titik temu berada di antara garis merah -2 dan garis hitam -3 maka anak dinyatakan stunting
  • Titik temu berada di bawah garis hitam -3 maka anak dinyatakan stunting berat

Nah, apakah Anda dalam status tinggi badan yang optimal? Silahkan temukan jawabannya dengan menggunakan grafik dibawah ini. Selamat mencoba!

 

FIND US
___

Alamat
Jl. Brawijaya 99, 55183

Telepon
(0274) 434 2288,(0274) 434 2270

Email
almaata.psig@gmail.com
uaa@almaata.ac.id

KATEGORI
___

BERITA
ARTIKEL GIZI
EVENTS

md5 decrypt - md5