Rapat Koordinasi Praktik Lapangan Komunikasi Informasi Edukasi

Rapat Koordinasi Praktik Lapangan Komunikasi Informasi Edukasi

Koordinasi praktik lapangan komunikasi informasi edukasi (KIE) dilakukan di 12 puskesmas Bantul dengan kompetensi yang disoroti adalah cara komunikasi kepada pasien dan tenaga kesehatan (dokter, sejawat farmasi, perawat, bidan, dsb). Khususnya kepada pasien, memberikan informasi dan edukasi terkait pengobatannya merupakan tanggung jawab farmasis sehingga diharapkan dengan dilakukannya praktik lapangan KIE di Puskesmas Bantul dapat mengaplikasikan teori yang telah didapatkan selema proses pembelajaran di lingkungan prodi farmasi dan mampu berkomunikasi dengan baik dan benar kepada pasien dan tenaga kesehatan lainnya.

                Pelaksanaan praktik lapangan KIE pada tanggal 18 November 2019-14 Desember 2019 sebanyak 54 mahasiswa semester 5 prodi farmasi universitas alma ata yogyakarta yang terbagi menjadi 3 periode selama kegiatannya, masing-masing puskesmas akan membimbing sebanyak @3-4 mahasiswa, dengan akhir praktik lapangan mahasiswa akan mempresentasikan kasus yang didapatkan dan menyampaikan hasil KIE yang telah dilakukan di Puskesmas. Pada setiap puskesmas akan dibimbing oleh pembimbing lapangan dan akademik untuk memantau selama pelaksaan praktik lapangan di Puskesmas daerah Bantul, Yogyakarta. Mahasiswa juga diwajibkan menuliskan daily activity dan mendapatkan tanda-tangan dari dosen pembimbing terkait kegiatan yang telah dilakukan setiap harinya. Akhir pelaksanaan praktik lapangan akan dilakukan presentasi berupa bedah kasus yang wajib didatangi oleh mahasiswa praktikan.

                Studi kasus yang dilakukan berdasarkan peresepan di Puskesmas dan dipilihkan oleh Apoteker, selain pengambilan kasus mahasiswa akan melakukan observasi terkait pelaksaan kegiatan kefarmasian di Puskesmas. Pelaksaan praktik lapangan KIE dilengkapi dengan buku panduan pelaksanaan praktik lapangan KIE dilengkapi dengan tata tertib mahasiswa dalam menjalankan praktik kerja, lembar presensi mahasiswa, buku harian mahasiswa yang digunakan untuk mengisikan kegiatan yang telah dilakukan pada setiap harinya, panduan pembuatan laporan, dan kompetensi yang harus dicapai selama pelaksaanaan praktik lapangan. Jika terdapat mahasiwa selama dilakukannya praktik terdapat halangan untuk mengikuti pelaksanaan praktik lapangan KIE diwajibkan untuk mengganti dilain waktu sehingga akan memiliki proporsi sama dengan mahasiwa lainnya dan diharapkan akan dapat mencapai standar yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan praktik lapangan KIE di Puskesmas Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

md5 decrypt - md5