PENYULUHAN TENTANG PEMBERIAN MP-ASI DAN MASALAH PADA BAYI DI KECAMATAN SEDAYU

PENYULUHAN TENTANG PEMBERIAN MP-ASI DAN MASALAH PADA BAYI DI KECAMATAN SEDAYU

Tim Pegabdian Masyarakat Prodi DIII Kebidanan Universitas Alma Ata menyelenggarakan kegiatan Tentang Pemberian Mp-Asi Dan Masalah Pada Bayi Di Kecamatan Sedayu. Berdasarkan fenomena dan permasalahan masalah gizi pemberian MP-ASI pada bayi. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan oleh tim pegabmas PSIB (Prasetya Lestari, S.ST., M.Kes dan Susiana Sariyati, S.ST., M.Keb) serta melibatkan 5 mahasiswa DIII Kebidanan,  kami dari Program Studi DIII Kebidanan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mulai dari mengundang para ibu yang memiliki bayi sampai balita kader-kader serta bidan desa. Kegiatan ini dilakasanakan pada 21 Agustus 2019 di Balai Desa Argodadi.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah Terselenggaranya Penyuluhan tentang Pemberian MP-ASI dan masalah-masalah pada bayi di kecamatan Sedayu serta Seluruh masyarakat/peserta memahami pentingnya pemberian ASI eksklusif dan MP-ASI.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh masyarakat yaitu ibu nifas, ibu yang mempunyai bayi dan anak balita sekita 35 peserta. Pada umumnya masyarakat antusias dan banyak pertanyaan yang menyangkut tentang masalah-masalah tentang gizi dan manfaatASI dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat, pertama konsultasi tentang ASI dan kendala-kendala yang sering terjadi, selanjutnya penyuluhan tentang makanan pendamping ASI yang benar dan sehat untuk bayi dan juga makanan bagi anak balita untuk menunjang pemenuihan gizi yang seimbang dan penting untuk tumbuh kembang bayi dan anak balita. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat, oleh dosen dan mahasiswa DIII Kebidanan Alma Ata Yogyakarta, yang berjumlah sekitar 5 mahasiswa. Saran dari kegiatan ini adalah diharapkan bahawa pengabdian masayarakat yang dilakukan secara berkelanjutan oleh dosen dan mahasiswa DIII Kebidanan Alma Ata Yogyakarta