Seberapa Istimewanya ASI? Ini Beberapa Manfaat Bagi Bayi dan Ibu

Seberapa Istimewanya ASI? Ini Beberapa Manfaat Bagi Bayi dan Ibu

S1 Kebidanan Alma Ata

source : halodoc.com

S1 Kebidanan Alma Ata – Kita sudah mengetahui bahwa hal yang menjadi asupan pertama bagi si bayi ketika pertama adalah ASI. Para ahli sepakat bahwa ASI merupakan asupan yang lebih baik dari yang lainnya karena ASI banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Mulai dari karbohidrat, lemak, vitamin, protein, dan mineral penting lainnya.

Bukan hanya bayi yang merasakan manfaat ASI, ibu yang memberikan ASI juga mendapatkan manfaatnya, khususnya ASI eksklusif. Lalu, apa saja manfaat ASI eksklusif bagi bayi dan ibu? simak di bawah ini.

1. Mencegah Terserang Penyakit
Peranan penting yang pertama ASI adalah meningkatkan ketahanan imun tubuh bayi. Karena adanya asupan ASI, pertahanan tubuh dapat mencegah bayi untuk melawan berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan bayi. ASI mengandung zat antibodi sebagai pembentuk kekebalan tubuh. Zat inilah yang dapat melindunginya dari virus dan bakteri. Alhasil, kemungkinan bayi terserang penyakit akan lebih kecil seperti diare, alergi, infeksi saluran pernapasan, serta konstipasi.

2. Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi
Manfaat berikutnya yaitu untuk perkembangan otak dan fisik. Kok bisa ya? Karena bayi mulai dari 0 sampai 6 bulan berturut-turut diberikan ASI dan belum diizinkan untuk mengonsumsi apapun selain ASI. Tentu saja hal itu akan berdampak besar bagi pertumbuhan bayi kedepannya. Penelitian lain juga menunujukkan bahwa bayi yang mendapat ASI memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.

3. Berat Badan Bayi Ideal
Bayi yang diberikan ASI eksklusif lebih besar kemungkinan tumbuh dengan berat badan yang normal. Kenapa lagi ya? Ternyata, ASI lebih sedikit memproduksi insulin dibanding susu formula. Hormon insulin ini yang memicu pembentukan lemak dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah ASI memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin ini merupakan hormon yang berperan dalam metabolisme lemak yang menimbulkan rasa kenyang.

4. Memenuhi Seluruh Kebutuhan Nutrisi
Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ASI mengandung nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan bayi sejak awal kelahiran sampai usia 6 bulan. Oleh sebab itu, ASI saja sudah cukup tanpa diberi tambahan susu formula, minuman, ataupun makanan.

Selanjutnya, beberapa manfaat yang dirasakan untuk sang ibu :

1. Mengatasi Rasa Trauma
Sebagian dari ibu pasca melahirkan rentan mengalami baby blues syndrome. Namun hal itu tidak berlangsung lama, apalagi ketika melihat si kecil yang masih baru-barunya lahir ke dunia menjadi penyemangat hidup seorang ibu.

2. Mencegah Kanker Payudara
Manfaat lainnya yaitu pemberian ASI eksklusif dapat menimalkan timbulnya risiko penyakit kanker payudara. Para ahli menyebutkan bahwa salah satu pemicu kanker payudara adalah kurangnya pemberian ASI pada bayi.

3. Sebagai KB Alami
Manfaat yang terakhir yaitu pemberian ASI bertindak sebagai KB alami. Metode ini disebut amenore laktasi, dimana dengan pemberian ASI pada bayi bisa menghambat ovulasi. Untuk mendapat manfaatnya, sang ibu selalu siap untuk menyusui kapanpun ketika bayi membutuhkan. Namun, untuk memperkecil peluang kehamilan, disarankan juga untuk tetap menggunakan metode kontrasepsi yang aman selama fase menyusui.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan bagi bayi dan juga sang ibu. Tentunya, melahirkan bayi yang sehat dan sang ibu yang sehat adalah impian dari semua keluarga.

md5 decrypt - md5