Cegah Diabetes Sejak Usia Dini

Cegah Diabetes Sejak Usia Dini

source : hallosehat.com

Prodi Gizi Alma Ata – Kita sering mendengar bahwa penyakit diabetes sangat berisiko dialami oleh orang dewasa maupun usia lanjut. Diabetes dikaitkan dengan adanya kadar gula dalam darah yang berlebih atau tidak sesuai dalam batas normalnya. Diabetes juga menjadi penyebab masalah-masalah kesehatan lainnya, seperti kebutaan, gagal ginjal, sampai serangan jantung.Bahkan orang yang mengidap diabetes ini akan sulit untuk sembuh ketika luka. Namun ternyata saat ini diabetes bisa juga di alami oleh kalangan muda, salah satu faktor terbesarnya adalah dari asupan makanan. Makananan-makanan lezat yang dijual dimana-mana seringkali kita mengabaikan kadar nutrisi dan dampak apa yang dirasakan.

Meskipun diabetes terdengar penyakit yang mematikan, kita bisa mencegah penyakit tersebut salah satunya yaitu dengan mengontrol asupan makanan. Berikut beberapa makanan yang menjadi penyebab penyakit diabetes :
1. Makanan tinggi karbohidrat
Makanan tinggi karbohidrat seperti tepung putih, gula putih, dan nasi, memiliki kadar gula tinggi dan sulit dicerna oleh tubuh. Makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi yaitu : roti, muffin, kue, kerupuk, donat, pasta, kacang polong, jagung, serta ubi jalar. Makanan-makanan tersebut bisa dikonsumsi namun dengan memperhatikan jumlah yang masuk kee dalam tubuh.

2. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans
Lemak jenuh dan lemak trans juga menjadi penyebab risiko diabetes tipe 2 karena meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak tersebut dapat berupa daging olahan yang mengandung kadar natrium dan nitrit tinggi. Makanan yang digoreng atau dipanggang juga mengandung lemak trans. Beberapa makanan yang mengandung tinggi lemak dan lemak trans yaitu : daging berlemak (daging merah), mentega, keju, susu berlemak.

3. Manisan buah kering
Walaupun terdengarnya buah itu baik untuk kesehatan, tetapi perlu juga diingat bahwa terdapat buah yang tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak, apalagi pada masa ini buah tidak manis secara alami, melainkan ditambah gula, pengawet, maupun pewarna buatan agar lebih manis dan menarik. Salah satunya yaitu buah kismis.

4. Minuman yang ditambahkan gula dan bersoda
Minuman yang dimaniskan seperti teh, kopi, susu, mengandung karbohidrat yang besar. Minuman bersoda juga mengandung tambahan gula yang bisa menyebabkan bertambahnya berat badan dan kerusakan pada gigi. Hal itu bisa meningkatkan kemungkinannya diabetes jika sering dikonsumsi.

5. Minuman berenergi
Minuman energi biasanya mengandung kafein dan tinggi karbohidrat. Kandungan tersebut tidak hanya menjadi penyebab gula darah tinggi dan diabetes, tetapi kandungan kafeinnya juga bisa menyebabkan insomnia dan tekanan darah menjadi naik.

6. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat menjadi penyebab gula darah tinggi. Apabila kondisi orang dengan riwayat diabetes mengonsumsi alkohol dapat semakin parah dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebih tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Menjaga asupan makanan juga tidak sepenuhnya ampuh untuk mencegah diabetes.
Tentunya diselingi dengan berolahraga dan rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Open chat
md5 decrypt - md5