Bedah Gizi: Yuk Kenali Seblak dari Sudut Pandang Gizi

Bedah Gizi: Yuk Kenali Seblak dari Sudut Pandang Gizi

halodoc.com

S1 Ilmu Gizi Alma Ata – Seblak merupakan makanan khas sunda dengan bahan dasar kerupuk. Seblak sangat identik dengan rasa pedas dan gurih. Rasa pedas dan gurih yang lezat pada seblak menjadikannya sebagai makanan favorit para pecinta pedas yang disebut “seblak lovers”.

Tahukah anda seblak dari sudut pandang gizi? Yuk simak bersama.

Seblak memiliki berbagai macam kandungan gizi yang tentunya akan dicerna oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa makanan yang dicerna oleh tubuh akan berdampak pada kesehatan. Berikut adalah Fakta 1 porsi seblak dari sudut pandang gizi:

  1. Per 1 porsi seblak original memiliki kandungan gizi energi 461 Kkal, protein 15,30 g, lemak 18,30 g, dan karbohidrat 58,7 g. 1 porsi seblak original memiliki kandungan energi yang tinggi, tentunya akan lebih tinggi lagi jika seblak yang disertakan topping. Perlu diketahui bahwa konsumsi makanan tinggi energi secara berlebihan akan berdampak pada obesitas.
  2. 1 porsi seblak memiliki kandungan natrium kurang lebih sebesar 551 mg. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan yaitu hipertensi.
  3. 1 porsi seblak mengandung 121 mg. Konsumsi makanan tinggi kolesterol secara berlebihan dapat berdampak pada kesehatan yaitu hiperkolesterolemia.
  4. Seblak merupakan makanan pedas dengan level pedas masing-masing. Konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak pada kesehatan diantaranya adalah diare, gerd, dan maag akut.
Open chat