Your Happiness Depends on The Chemical Brain

Your Happiness Depends on The Chemical Brain

Allah SWT menciptakan manusia dengan bentuk yang paling baik di antara makhluk lain. Manusia diciptakan dengan diberkahi kemampuan untuk memproduksi chemical brain atau neurotransmitter atau hormon yang bisa membawa perasaan senang dan bahagia. Setidaknya ada tiga hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia, yaitu serotonin, dopamine, dan oksitosin.

Serotonin membantu mengatur ritme tidur, napsu makan, fungsi memori, dan fungsi pencernaan. Dopamine membantu dalam menemukan hal-hal menarik, meningkatkan motivasi dan perhatian. Oksitosin membantu dalam meningkatkan kepercayaan, mengurangi kecemasan, kecanduan dan stress.

Untuk menjaga supaya tubuh memproduksi ketiga hormone tersebut dan membuat kita merasa senang dan bahagia, ada beberapa cara:

  1. Olahraga teratur
  2. Mendengarkan music
  3. Relaksasi atau pijat atau meditasi
  4. Bersosialisai dengan teman-teman secara baik
  5. Tidur cukup
  6. Mengkonsumsi makanan atau minuman seperti yang mengandung protein, kacang, cokelat, dan minuman probiotik

Perasaan bahagia sangat dipengaruhi oleh ketiga hormone tersebut, namun kemampuan kita dalam mengatur diri juga sangat berperan di dalamnya. Mengatur diri yang dimaksud adalah diri kita sendiri yang bisa memilih kegiatan apa saja yang akan membawa perasaan senang dan diri kita sendiri yang bisa memilih lingkungan yang membuat kita menjadi senang.

md5 decrypt - md5