TOT (Training of Training) Drafter Paten tahun 2019

TOT (Training of Training) Drafter Paten tahun 2019

Pada Hari Senin Selas (2-3 Desember 2019), Ibu Fatma Siti Fatimah, S.Kep.,Ns.,MMR, telah mengikuti rangkaian acara TOT (Training of Training) Drafter Paten tahun 2019 yang dilaksanakan selama dua hari di Universitas Gajah Mada. Tujuan kegiatan TOT ini adalah untuk menoptimalkan kinerja para peneliti serta pengelola sentra KI. Untuk dapat melaksanakan secara mandiri drafting paten.

Paten adalah salah satu kekayaan intelektual yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi yang mempunyai peranan strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,  bahwa perkembangan teknologi dalam berbagai bidang telah sedemikian pesat sehingga diperlukan peningkatan pelindungan bagi inventor dan pemegang paten. Paten adalah salah satu upaya melindungi karya seseorang sehingga karyannya tidak bebas digunakan oleh pihak lain tanpa melalui persetujuan inventor (pemegang paten).

TOT ini diisi oleh para praktisi di bidangnya yaitu dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Yaitu ibu Harini Yaniar, S.Si,M.Kom, Bapak Irwan Budhi Iswanto, S.T.MBA. pada hari pertama kegiatan TOT diisi dengan materi dan langsung dilanjutkan studi kasus revisi draf paten yang telah disediakan oleh pemateri. Hari kedua melanjutkan kegiatan membuat drafting paten serta didampingi langsung oleh narasumber. Acara ini memberikan gambaran proses melaksanakan drafting paten yang dilakukan oleh peneliti sehingga dapat mengoptimalkan kinerja para peneliti, terutama dalam upaya melindungi invensinya atau karyanya dalam bentuk paten.

Oleh: Fatma Siti Fatimah, S.Kep.,Ns., MMR,

Open chat
md5 decrypt - md5