MAHASISWA S1 KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMA ATA, MENGIKUTI JEJAK DOSEN DALAM MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI RADIO

MAHASISWA S1 KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMA ATA, MENGIKUTI JEJAK DOSEN DALAM MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI RADIO

S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Alma Ata – Inovasi yang dilakukan oleh dosen-dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ternyata menginspirasi mahasiswa S1 kebidanan untuk melakukan hal yang sama. Inovasi yang dimaksud adalah dengan membagikan informasi-informasi kesehatan melalui Talk Show  di Radio Saka. Kegiatan yang awalnya dilakukan oleh dosen ini, sekarang dilanjutkan oleh mahasiswa-mahasiswa S1 Kebidanan Semester V.

Semangat yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa ini tentunya sama dengan apa yang dimiliki oleh dosen-dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata, yaitu ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan memberikan informasi seputar kesehatan kepada masyarakat, khususnya remaja. Mengingat banyak pendengar dan pengikut instagram radio saka adalah remaja, maka sudah sangat pas rasanya jika informasi-informasi kesehatan yang penting bagi remaja disampaikan oleh anak-anak muda sebaya mereka. Hal ini juga dapat menjadi contoh bagi pemuda-pemudi di luar sana bahwa anak muda juga bisa berprestasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dalam hal menerjunkan mahasiswa untuk menjadi narasumber di Radio Saka ini, dipilih mahasiswa-mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik, aktif, dan terbiasa terlibat dalam berbagai kegiatan, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. “Mahasiswa yang kita pilih tentunya mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang bagus, mahasiswa yang aktif dan menurut kita mampu menyampaikan informasi dan pesan-pesan kesehatan dengan baik. Selain itu, sebelum kita terjunkan tema yang akan dibawa di diskusikan dulu dengan dosen di prodi, lalu kita berikan masukan, kita ajak diskusi dan juga kita latih terlebih dahulu. Jadi kami pastikan bahwa mahasiswa yang terjun benar-benar sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang tema yang akan dibawakan” imbuh Ibu Fatimatasari, M.Keb., Bd., selaku Kaprodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata.

Kegiatan talk show di Radio Saka ini sudah diikuti oleh beberapa mahasiswa, diantaranya adalah Vera Thasya, Dwi Hasanah Isnaini, Christiani Gearaldin, dan Nisrina Affifaturohmah. Semua nya Merupakan Mahasiswa S1 Kebidanan Universitas Alma Ata, semester V. Pemilihan mahasiswa semester V ini tentunya karena mempertimbangka kesiapan mereka dan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh mereka. Hal ini juga merupakan sarana yang baik bagai mahasiswa untuk belajar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan memerikan edukasi kepada masyarakat luas dengan cara yang Inovatif, serta dapat dijadikan contoh dan memotivasi mahasiswa-mahasiswa lain terutama pada adik tingkatnya. Harapannya setelah menyelesaikan pendidikan di Prodi S1 Kebidanan & Profesi Bidan Universitas Alma Ata, mereka sudah benar-benar terlatih dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat.

md5 decrypt - md5