Meningkatkan Kompentensi Mahasiswa dalam Asuhan Kesehatan Reproduksi dan Kegawat daruratan dengan Praktik Klinik (PK) II

Meningkatkan Kompentensi Mahasiswa dalam Asuhan Kesehatan Reproduksi dan Kegawatdaruratan dengan Praktik Klinik (PK) II

Untuk menghasilkan tenaga ahli madya kebidanan yang profesional dan mandiri, pada bidang Asuhan Kesehatan Reproduksi dan Kegawatdaruratan maternal neonatal, Prodi D III Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan perkuliahan Praktik Kebidanan II. Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib di semester V yang memiliki beban 5 SKS.

Pada tahun akademik 2018/2019 ini, sebanyak 32 mahasiswa mengikuti  Praktik Kebidanan II pada tanggal 5 November – 8 Desember 2018. Selama lima minggu, mahasiswa ditempatkan di lahan praktik Rumah Sakit, Puskesmas dan Praktik Bidan Mandiri untuk mendapatkan pengalaman belajar memberikan asuhan kebidanan pada kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal serta asuhan pada kasus kesehatan reproduksi berdasarkan konsep yang telah didapatkan ketika perkuliahan teori. Lahan praktik yang digunakan dalam Praktik Kebidanan II periode ini antara lain RSUD Sleman, RSUD Wonosari, RSUD Wates, RSUD Panembahan Senopati, RS Pratama Kota Yogyakarta, Puskesmas Tegalrejo, Puskesmas Jetis, Praktik Mandiri Bidan (PMB) Appi Amelia, Klinik Pratama Bina Sehat, Puskesmas Sedayu I, dan Puskesmas Pandak I.

Pentingnya kompetensi yang akan dicapai mahasiswa di matakuliah PK II ini, maka digunakanlah metode pembelajaran yang beragam, yaitu metode pembelajaran Bed-side teaching, Case study, Pre dan Post Conference dan demonstrasi. Sehingga meskipun mahasiswa tidak belajar di kelas, mahasiswa tetap dapat mendapatkan pengalaman belajar yang lengkap di matakuliah ini. Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan lulusan Prodi D III Kebidanann Universitas Alma Ata siap dalam melaksanakan perannya sebagai bidan untuk memberikan pelayanan kebidanan secara mandiri, kolaborasi rujukan dengan tepat.

md5 decrypt - md5