Alma Ata Nutrition Fair di SMAN 1 Gamping

Alma Ata Nutrition Fair di SMAN 1 Gamping

ALMA ATA NUTRITION FAIR DI SMAN 1 GAMPING

(Salah satu siswa SMANN 1 Gamping sedang melakukan konsultasi gizi dengan Tim Alma Ata Nutrtition Fair)

Masalah gizi di Indonesia masih menjadi persoalan yang belum sepenuhnya terselesaikan. Masalah stunting dan obesitas masih menjadi PR seluruh warga negara. Pencegahan timbunya permasalahan gizi dapat dilakukan dengan sosialisasi gizi seimbang untuk seluruh kalangan masyarakat. Kegiatan Nutrition Fair tahun 2019 ini ditujukan untuk siswa-siswi SMA. Usia SMA merupakan usia peralihan dari remaja menuju usia reproduksi. Siswi SMA tergolong kelompok wanita usia subur (WUS) yang harus mempersiapkan diri untuk calon bayinya kelak.

Dalam rangka memperingati Hari gizi Nasional ke59 tahun 2019, HIMAGI UAA mengadakan serangkaian acara meliputi lomba video, seminar Gizi, Alma Ata Nutrition fair, dan Acara puncaknya dilakukan pada 27 Januari di titik nol KM Yogyakarta. Pada tanggal 20 Februari 2019 HIMAGI bekerja sama dengan alumni dan dosen Prodi Gizi melakukan kegiatan Nutrition fair di SMA 1 Gampng, Yogyakarta. Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan gizi seimbang remaja, konseling gizi, penilaian status gizi, dan stand makanan sehat.

Kegiatan Penyuluhan disampaikan oleh Alumni gizi UAA, Dian Saputro Nugroho, S.Gz. Dian menyampaikan pentingnya gizi seimbang untuk usia remaja. Pedoman jenis dan porsi bahan makanan ditampilkan melalui tumpeng gizi seimbang. Antusiasme siswa kelas XI sangat baik, hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan siswa pada sesi tanya jawab. Konseling gizi didampingi oleh dosen gizi, Ibu Yulinda Kurniasari, MPH dan Ibu Arini Hardianti, MPH. siswa SMA 1 Gamping terlihat sangat antusias untuk bertanya lebih lanjut tentang gizi seimbang. Mereka cukup memahami dan telah menerapkan tumpeng gizi seimbang. Ketika ditanya tentang bagaimana pola makan sehari-harinya, sebagian besar dari siswa menjawab “Saya suka makan semuanya Bu. Saya suka semua jenis buah”. Walaupun masih ada yang bertanya “Bagaimana cara menurunkan berat badan Saya bu?”, namun secara umum mereka telah cukup memahami isi dari materi yang disampaikan. •ed: arini

FIND US
___

Alamat
Jl. Brawijaya 99, 55183

Telepon
(0274) 434 2288,(0274) 434 2270

Email
almaata.psig@gmail.com
uaa@almaata.ac.id

KATEGORI
___

BERITA
ARTIKEL GIZI
EVENTS

md5 decrypt - md5