AFIRMASI POSITIF UNTUK IBU HAMIL

AFIRMASI POSITIF UNTUK IBU HAMIL

Oleh : Claudia Banowati Subarto, S.ST., M.Keb

Kebidanan Alma Ata – Kehamilan akan membawa pada perubahan fisik dan fisiologis. Dengan perubahan yang dialami tersebut maka ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosional dan psikologis. Sebagai contoh Ibu Hamil trimester 3 sering berhadapan dengan situasi cemas mengenai proses persalinan dan sebagian besar dari mereka pasti akan mengatakan hal-hal positif dalam dirinya untuk memberi semangat dan meyakinkan pada dirinya bahwa bisa menjalani kehamilan dan persalinan dengan baik. Misalnya, “Saya pasti bisa melewati kehamilan dan persalinan ini dengan baik.” Nah, inilah yang disebut afirmasi positif. Untuk pembahasan lengkapnya, baca artikel ini, ya..

Afirmasi positif adalah pernyataan positif yang diucapkan berulang kali kepada diri sendiri (self-talk), yang bertujuan untuk membentuk pola pikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif. Afirmasi positif bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keyakinan akan kemampuan diri sendiri (self-efficacy). Mengulang-ulang pernyataan positif bisa menstimulasi otak untuk mempercayai bahwa afirmasi tersebut adalah fakta.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa afirmasi dapat mengubah hasil kehamilan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa afirmasi dapat mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini kemudian membantu ibu hamil dan mempermudah mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan mengurangi keluhan dan menumbuhkan perasaan positif sehingga dapat membantu membuat pengalaman kehamilan lebih menyenangkan dan santai.

Contoh kalimat afirmasi positif untuk ibu hamil:

  1. Janinku merupakan suatu bentuk anugrah dari Tuhan sehingga aku pun menyambutnya dengan suka cita
  2. Janinku tumbuh sehat dan aktif selama kehamian
  3. Aku sangat menikmati semua proses kehamilan dan siap untuk menyambut persalinan dengan baik dan menyenangkan
  4. Kelahiranku berjalan aman dan lancar untukku dan bayiku.
  5. Aku akan menjadi seorang ibu yang baik dan aku akan senantiasa belajar bagaimana menjadi seorang ibu yang baik

Afirmasi bisa dilakukan sesering mungkin karena prinsipnya mengulang-ulang pernyataan positif bisa menstimulasi otak untuk mempercayai bahwa afirmasi tersebut adalah fakta. Ulangilah afirmasi tersebut beberapa kali pada pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik lagi apabila kalimat afirmasi positif diucapkan dengan suara yang lantang, sehingga ibu hamil bisa mendengar afirmasi positifnya dengan jelas.

References

Runjati, Runjati & Nurcahyani, Annisa. (2021). The Impact of Self -Affirmation Towards Stress and Anxiety Levels of Pregnant Women. 10.2991/assehr.k.210423.007

https://www.babycenter.com/family/motherhood/affirmations-for-pregnancy-and-parenthood_40007130

md5 decrypt - md5