7 Teknologi Blockchain di Dunia Perkuliahan

7 Teknologi Blockchain di Dunia Perkuliahan

Memperkenalkan Teknologi Blockchain

Teknologi Blockchain di Perkuliahan– Hallo teman-teman semuanya udah pada tau belum sama teknologi blockchain yang mau kita bahas? kalo belum tau sini-sini aku kasih tauūüė䬆dizaman sekarang ini siapa sih yang ngga tau sama blockchain, blockchain sendiri sering digunakan oleh para pelajar tidak terkecuali pada program studi informatika atau sistem informasi di Universitas Alma Ata. Populernya blockchain didunia perkuliahaan termasuk program studi SI (sistem informasi) terutama di bidang teknologi. Blockchain dapat diartikan sebagai teknologi di mana didasari mata uang digital mirip dengan Bitcoin serta ethereum. Namun blockchain juga dapat digunakan untuk software lain yang membutuhkan sistem keamanan dan transparansi yang tinggi, pada dasarnya blockchain merupakan data base yang terdesentralisasi serta terdistribusi yang memungkinkan transaksi dijaga keamanannya secara otomatis serta tercatat secara permanen. Keunggulan blockchain lainnya adalah setiap blok di dalam blockchain mengandung isu¬† transaksi yang di enkripsi serta di sertifikasi oleh jaringan pengguna sebagai contohnya transaksi tersebut tidak bisa diubah atau dihapus.

Ada beberapa teknologi yang terdapat di blockchain 

Dalam hal ini ada beberapa penerapan blockchain dibidang informatika diantaranya sebagai berikut:

  • Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan satu teknologi blockchain yang paling populer artinya cryptocurrency mirip Bitcoin, Ethereum, serta Ripple. Cryptocurrency menggunakan teknologi blockchain buat mencatat dan memverifikasi transaksi serta memastikan keamanan serta integritas data. Cryptocurrency juga sangatlah penting bagi sebuah sistem informasi.

  • Smart Contract

Smart contract dapat diartikan sebagai acara yang ditulis dengan bahasa pemrograman pada blockchain, yang bisa mengatur serta mengeksekusi kontrak digital secara otomatis dan terdesentralisasi. Smart contract diimplementasikan di blockchain Ethereum dan memungkinkan pengembangan software terdesentralisasi (dApps). Dan smart contract juga diperlukan di sebuah sistem informasi karna ini akan menyambung dengan teknologi sedang berkembang saat ini.

  • Token

Pada token,blockchain juga dapat dipergunakan untuk menghasilkan token digital, yang mewakili aset mirip saham, properti, atau mata uang fiat. Token ini bisa ditukar serta diperdagangkan di banyak sekali platform blockchain. Serta blockchain juga untuk memfalisilitasi transaksi dan layanan pada platform agar dapat memastikan keamanan dan integritas di suatu data infomasi.

  • Decentralized Applications (dApps)

Dalam aplikasi yg berjalan pada blockchain serta terdesentralisasi, sehingga tidak memiliki satu otoritas sentra. dApps bisa melakukan poly hal, seperti menjalankan layanan keuangan, permainan, media umum, serta lain-lain. Pada dApps sendiri juga sangatlah diperlukam karna akan meningkatan dalam mendapatkan informasi terkait teknologi yang sedang dipakai saat ini.

  • Identity Management

Blockchain juga dapat digunakan buat mengelola suatu digital. identitas digital ini bisa digunakan untuk mengakses layanan yang terdesentralisasi dan tidak terpusatkan di satu pihak. Oleh karena itu di sistem informasi atau informatika hal ini sangat menunjang dalam menumbuhkan bagaiman sistem informasi ini berkembang atau tumbuh.

  • Supply Chain Management

Hal ini bisa dipergunakan buat memantau rantai pasokan suatu produk, mulai berasal produksi sampai distribusi. menggunakan serta memakai teknologi blockchain, seluruh pihak yg terlibat dalam rantai pasokan dapat melacak status produk secara real-time.

  • Voting System

Pada voting system ini Blockchain bisa digunakan menjadi platform buat sistem pemilihan bunyi yang aman dan transparan. dengan menggunakan teknologi blockchain, hasil pemilihan dapat diverifikasi serta tidak dapat diubah.

Dari semua pemaparan diatas dapat kita lihat betapa pentingnya  penggunaan blockchain didunia perkuliahan bagi para mahasiswa yang ada di program study system informasi atau informatika.Sehingga dapat membantu mahasiswa lebih memahami tentang penggunaan blockchain didunia perkuliahaan saat ini.

Open chat